Minggu, 19 Mei 2019

Koramil Sumbawa Berikan Wasbang Siswa SMP Labuan Badas


Pendam IX/Udayana
Minggu, 19 Mei 2019

Sumbawa - Komandan Koramil 1607-01/Sumbawa Kapten Inf Tamtanus memberikan wawasan kebangsaan kepada ratusan siswa-siswi SMPN 1 Labuhan Badas Kabupaten Sumbawa, Jumat (17/5).

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman SMP tersebut dihadiri juga para guru dan staf sekolah dalam rangka memberikan pemahaman tentang konsensus empat dasar kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pada kesempatan tersebut, Danramil Sumbawa menjelaskan tentang empat konsensus dasar yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. "Sebagai WNI, apalagi adik-adik yang masih harus terus belajar, harus mengetahui dan memahami tentang empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara", terangnya.

Menurutnya, hal itu perlu dilakukan mengingat di era modern seperti sekarang ini, perkembangan teknologi semakin maju dan dinamis, ketersediaan informasi dapat dengan mudah diakses melalui internet sehingga apabila tidak ada filter yang baik maka akan merusak generasi penerus bangsa.

Dengan demikian, sambung pria kelahiran Lombok tersebut, dari sedini mungkin, adik-adik harus diberikan wawasan kebangsaan dengan harapan mengetahui dan memahami karakter bangsa dengan adat ketimurannya sebagai ciri khas yang memiliki budaya, adat istiadat dan keragaman lainnya sebagai suatu kekayaan dalam perbedaan.

"Wawasan kebangsaan ini akan memberikan berpengaruh positif dalam pembentukan karakter manusia indonesia kelak, mulai dari sekarang apa yang tidak baik segera dibuang, gunakan teknologi informasi secara positif terutama untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan sehingga kedepan adik-adik selaku generasi penerus bangsa memiliki kompetensi dan pola pikir yang mumpuni sesuai dengan bidangnya masing-masing," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Sekolah SMPN 1 Labuhan Badas A. Rahman Semba, M.Pd., dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Koramil dan Kodim atas program wawasan kebangsaan yang dilaksanakan di sekolah-sekolah khususnya kepada sisiwa didiknya. "Program ini sangat bagus untuk memberikan wawasan kebangsaan kepada para siswa tentang empat pilar dasar kebangsaan dengan harapan melalui kegiatan-kegiatan seperti ini akan membantu para siswa dalam pembentukan karakter yang baik sebagai generasi penerus bangsa," ungkap Kepala Sekolah.

Terpisah, Dandim 1607/Sumbawa Letnan kolonel Inf Samsul Huda, SE. M.Sc., disela-sela kesibukannya memberikan apresiasi kepada satuan jajarannya dalam upaya membangun generasi muda yang berkarakter sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

"Mereka memang dari sedini mungkin diberikan wawasan kebangsaan, agar mereka mengetahui bahwa Indonesia ini memiliki kekayaan yang sangat luar biasa. Tidak hanya kekakayaan alam, namun juga kaya akan adat istiadat, budaya, suku, agama, Ras maupun bahasa dan lainnya yang kesemuanya berbeda," ujar Dandim.

Perbeda-perbedaan tersebut, sambungnya, merupakan kekayaan yang harus kita jaga dan lestarikan sebagai kekuatan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa sesuai dengan semangat sumpah pemuda.

Selain itu, Dandim dengan pangkat melati dua tersebut juga berharap melalui pemberian wawasan kebangsaan ini, adik-adik siswa dapat membakar semangat untuk terus belajar dan belajar, memiliki jiwa patriotisme dan cinta tanah air serta siap sedia untuk menjadi terdepan dalam bela negara dari ancaman manapun bersama TNI. (Kodim 1607/Sumbawa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar