Jumat, 03 Mei 2019

Olah Lahan Tidur Jadi Sawah Produktif, Kodim 1619/Tabanan Petik Hasil Panen Raya di Kerambitan


Pendam IX/Udayana
Jumat, 3 Mei 2019

Tabanan - Untuk mendukung program pemerintah dalam rangka swasembada pangan dan sesuai dengan amanat UU terkait tugas pokok TNI sebagaimana Pasal 7 ayat (2) Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004, dimana ada operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang (OMSP), Kodim 1619/Tabanan bekerjasama dengan Dinas Pertanian, masyarakat petani dan instansi terkait telah melaksanakan program ketahanan pangan dengan mengolah lahan tidur menjadi sawah produktif dengan luas 1 hektar.

Pada Jumat (3/5/2019), Kodim 1619/Tabanan melaksanakan panen raya sawah demplot yang berlokasi di Subak Pelem Banjar Batuaji Kangin Desa Batuaji Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan.

Dandim 1619/Tabanan Letkol Toni Sri Hartanto yang langsung turun kesawah melaksanakan Panen Raya mengatakan bahwa Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan, sehingga petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

"Sawah Demplot ini salah satu metode untuk meningkatkan hasil produktifitas  pertanian, sehingga diharapkan swasembada pangan melalui program ketahanan pangan dapat tercapai," ungkap Dandim. 

Kegiatan Ketahanan Pangan Kodim 1619/Tabanan telah dilaksanakan sejak lama dengan adanya program Upsus (Upaya Khusus) dibidang pertanian dan berkesinambungan bersama-sama dengan Dinas pertanian, instansi terkait dan masyarakat untuk meningkatkan hasil produksi pertanian.

Sebelum panen dilaksanakan pengecekan sistem tanam, mencari lokasi ubinan dan tafsiran hasil produktifitas per- HA oleh anggota BP3K Kecamatan Kerambitan dan dilanjutkan dengan Panen  menggunakan Combine Harvester (alat yang memiliki tiga fungsi sekaligus yaitu memotong, merontokkan, dan membersihkan padi).

Hadir juga dalam kegiatan panen raya sawah demplot diantaranya Pasiter Kodim 1619/Tabanan Kapten Inf I Ketut Suardana, Danramil 1619-05/Kerambitan Kapten Inf Wongso SH, I Nengah Suandra dari Distan Kab. Tabanan, I Made Sugiana dari Dinas Ketahanan Pangan Kab. Tabanan, Kepala Gudang Bulog Kediri I Made Murti, BP3K Kec. Kerambitan I Wayan Pasek Suardika Sp., Perbekel Desa Batuaji, Pekasih Subak Pelem, serta Anggota Kodim 1619/Tabanan dan Anggota Subak Pelem. (Kodim 1619/Tabanan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar