Kamis, 18 Juli 2019

Pangdam Pimpin Rapat Evaluasi Progjagar Kodam IX/Udayana Semester I TA 2019.

Pendam IX/Udayana
Kamis, 18 Juli 2019

Denpasar - Rapat evaluasi pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran (Progjagar) Kodam IX/Udayana pada Semester I TA 2019 merupakan wahana untuk membahas permasalahan menonjol tentang pelaksanaan Progjagar pada tahun anggaran yang sedang berjalan dalam upaya meningkatkan kinerja satuan, dan bertujuan untuk menilai/mengukur pencapaian Progjagar sampai dengan Semester I TA 2019, khususnya tentang pelaksanaan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) sebagai otorisasi (DIPA Daerah) yang mengedepankan organisasi Satker-Satker yang ada di jajaran Kodam IX/Udayana.

Demikian yang disampaikan Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., saat memimpin Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran Kodam IX/Udayana Semester I TA 2019 yang diikuti Para Pimpinan Satuan Jajaran Kodam IX/Udayana sebanyak 97 orang, Kamis (18/7) bertempat di Aula Udayana Makodam IX/Udayana, Denpasar.

Pangdam berharap, setiap pengelola anggaran untuk selalu tertib dan menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku serta pedomani 12 kriteria dalam penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) mulai dari cara merevisi DIPA, daya serap, penyelesaian tagihan dan seterusnya termasuk pengelolaan Uang Persediaan (UP).

Terkait dengan penilaian opini BPK atas laporan keuangan Kementrian Pertahanan dan TNI TA 2018 telah diperoleh hasil Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) setelah berturut-turut mulai TA 2015 sampai dengan 2017 dengan opini WDP. “Opini WTP ini harus dipertahankan dengan melaksanakan pengelolaan anggaran yang bersumber dari APBN sesuai ketentuan yang berlaku, bertanggungjawab, transparan dan akuntabel,” tambah Pangdam.

Menyangkut rapat evaluasi tersebut Pangdam IX/Udayana menilai, bahwa kegiatan ini sangat penting dan harus dilakukan dengan maksud agar kita semua mengetahui kelemahan dan kendala yang dihadapi selama ini, serta berharap kesalahan dan kendala yang pernah terjadi dapat segera diperbaiki dan dicarikan solusi penyelesaiannya sehingga tidak akan terulang kembali di masa yang akan datang.

Untuk itu, kepada para peserta rapat agar mempedomani beberapa hal, guna mewujudkan adanya kesamaan pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam mengoptimalkan pencapaian sasaran Progjagar Kodam IX/Udayana Semester I TA 2019, antara lain : hasil rapat evaluasi Projagar ini dijadikan acuan dalam meningkatkan kinerja pelaksanaan program dan kegiatan di satuan kerjanya masing-masing.

Selanjutnya, DIPA sebagai otorisasi yang diterima satuan kerja jajaran Kodam IX/Udayana memberi kemudahan dalam pelaksanaan pengelolaan anggaran tetapi perlu komitmen yang tinggi, tanggung jawab, transparan dan akuntabel, serta pedomani metode penilaian kinerja pelaksanaan anggaran ini dan kembangkan untuk mengubah paradigma bahwa daya serap bukanlah satu-satunya indikator penentu keberhasilan pelaksanaan anggaran, sehingga opini dapat dipertahankan.

Hadir dalam acara tersebut, Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udy, Danrem 162/WB, Kasrem 163/WSA, Kapok Sahli Pangdam IX/Udy, Asrendam IX/Udy, Para Asisten Kasdam IX/Udy,Kasiren 161/WSI, Para Dan/Kabalakdam IX/Udy, dan LO AU. (Pendam IX/Udy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar