Selasa, 16 Juli 2019

Satgas Yonif Mekanis 741/GN Laksanakan Program Bantu Kekurangan Air Pada Masyarakat Perbatasan

Pendam IX/Udayana
Selasa, 16 Juli 2019

TTU - Menyadari apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN Pos Kalan dibantu oleh Kodim 1618/TTU memberikan bantuan air bersih, pada Senin (15/7/2019) di Desa Fatumuti, Kec. Noemuti, Kab. TTU.

Memasuki musim kemarau, menjadi beban masyarakat khususnya yang dialami masyarakat Desa Fatumuti, karena kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenuhi keperluan sehari-hari. Kondisi kekurangan air bersih ini sudah dialami setiap tahunnya dan ditambah lagi sumber air  yang tidak ada.

Jika pada musim hujan, masyarakat memanfaatkan air hujan untuk keperluan sehari hari, bila tidak ada air mereka rela membeli air bersih. Melihat kondisi masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih hingga sampai membeli, Satgas Yonif Mekanis 741/GN tergugah untuk membantu meringakan beban yang dirasakan warga.

Dengan memanfaatkan truck dan tandon air yang dimiliki satgas dan juga truck tangki air bantuan dari Kodim 1618/TTU, pendistribusian air bersih diberikan dengan cara mendatangi rumah ke rumah. Bantuan ini disambut antusias warga karena merasa sangat terbantu tanpa harus membeli air, kegiatan bantuan air ini dilakukan setiap minggunya.

Ibu Lili adalah salah satu warga yang mengatakan bahwa dengan bantuan yang diberikan Satgas TNI sangat membantu, yang biasanya seminggu sekali harus membeli air, dengan adanya bantuan air bersih dari Satgas bisa mengurangi pengeluaran untuk membeli air bersih.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN mengatakan bahwa untuk diwilayah NTT terutama perbatasan memang masih banyak daerah yang kesulitan air bersih. Menyadari hal tersebut, kami dari satgas membuat beberapa program guna membantu kekurangan air, yang diantaranya Pembuatan sumur resapan, lalu memberikan bantuan seperti ini hingga membangun MCK.

"Hingga purna tugas, kami akan terus membantu kesulitan masyarakat dengan program yang kami jalankan," demikian ungkap Dansatgas (Pensatgas Yonif Mekanis 741/GN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar