Selasa, 09 Juli 2019

Tingkatkan Kemampuan Personel dan Satuan, Pangdam IX/Udayana Buka Latihan Pam VVIP


Pendam IX/Udayana
Selasa, 9 Juli 2019

Denpasar - Latihan Pengamanan VVIP sangat penting dilaksanakan mengingat wilayah Kodam IX/Udayana khususnya Provinsi Bali sering dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya even-even berskala nasional maupun internasional yang dihadiri baik oleh Kepala Negara, Kepala Pemerintahan maupun Tamu Negara Setingkat Kepala Negara, sehingga memerlukan pengamanan yang sifatnya Very Very Important Person (VVIP).

Demikian diungkapkan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., dalam amanatnya pada Upacara Pembukaan Latihan Pengamanan VVIP Kodam IX/Udayana TA. 2019 yang digelar di Lapangan Praja Raksaka Kepaon, Denpasar, Selasa (9/7/2019).

"Latihan Pam VVIP bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel dan satuan jajaran Kodam IX/Udayana dalam melaksanakan tugas Pam VVIP baik yang berskala Nasional maupun Internasional. Oleh karena itu, saya berharap latihan ini harus dilaksanakan dengan serius melalui mekanisme latihan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut oleh penyelenggara latihan maupun peserta latihan," tambah Pangdam.

Kegiatan latihan yang dilaksanakan selama 5 hari kedepan, yakni sampai dengan Sabtu (13/7), para peserta nantinya akan diajarkan materi-materi Pengetahuan dan Keterampilan yang meliputi pembekalan sebagai Komandan Pengamanan Komplek (Danpamplek) serta Operasional dan Mekanisme Pengamanan VVIP. Kemudian untuk Materi Keterampilan, meliputi pembekalan bagi personel Pengamanan Tempat Acara (Instalasi) yaitu sterilisasi Personel, Materiil dan Instalasi.

Bagi personel Pengamatan dan Penyelamatan (Mattan) diberikan keterampilan bagaimana melaksanakan pelolosan tamu VVIP dalam ruangan serta Pertempuran Jarak Dekat (PJD). Selanjutnya bagi personel Petugas Medis dilatihkan keterampilan melaksanakan Evakuasi Medis dan mengatasi Gangguan Medis bagi personel VVIP. Sedangkan untuk personel Patroli Pengawalan (Patwal) dilatihkan bagaimana melaksanakan Pam VVIP dalam Perjalanan dengan Pengawalan Bermotor serta cara Mengatasi Ancaman dan Gangguan terhadap Pengawalan Protokol Kenegaraan.

"Untuk itu saya tekankan kepada penyelenggara dan seluruh pelatih yang terlibat dalam latihan VVIP ini, agar melatihkan semua materi dengan serius dan sungguh-sungguh sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Dan kepada seluruh peserta latihan harus memperhatikan semua petunjuk maupun instruksi yang diberikan oleh para instruktur atau pelatih. Patuhi aturan yang berlaku, perhatikan faktor keamanan personel dan materiil yang menjadi tanggung jawab masing-masing, sehingga latihan dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar sesuai rencana latihan," demikian tegas Pangdam.

Hadir dalam Upacara Pembukaan tersebut antara lain Para Staf Ahli Pangdam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Para Dan/Kabalakdam IX/Udayana, Kabaglat Rindam IX/Udayana, Kasrem 163/WSA, dan Para Instruktur/Pelatih serta Para Peserta Latihan yang berjumlah sekitar 1.000 orang. (Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar