Jumat, 27 September 2019

Dandim Bangli : Babinsa Harus Mampu Menjadi Spirit Bagi Petani


Pendam IX/Udayana
Jumat, 27 September 2019

Bangli - Dandim 1626/Bangli Letkol Inf Himawan Teddy Laksono, S.I.Kom., M.Tr.(Han), menjelaskan kegiatan pendampingan kepada kelompok tani atau Subak merupakan implementasi dari kerjasama atau MoU antara Kementerian Pertanian RI dengan TNI.

Sebagai kepanjangan tangan dari satuan atas, pihaknya memerintahkan Para Babinsa untuk senantiasa melaksanakan pengawalan dan pendampingan kepada kelompok tani atau Subak yang ada di wilayah Bangli dengan harapan swasembada pangan dapat terwujud.

Demikian dijelaskan Dandim 1626/Bangli ketika ditanya terkait peran Para Babinsanya dalam membantu para petani dalam mewujudkan program swasembada pangan, Kamis (26/09) di Kantor Makodim setempat.

"Dengan kehadiran TNI dalam hal ini Para Babinsa di lapangan diharapkan menambah spirit petani dalam mengolah lahan sawahnya. Oleh karena itu Babinsa harus merangkul Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) sebagai kepanjangan pemerintah di lapangan sehingga bisa berjalan seirama dalam memajukan pertanian di wilayahnya", ungkap Dandim.

Menurutnya, untuk menyangga ketahanan pangan di wilayah Bangli dan Bali serta meningkatkan hasil produktivitas petani, maka peran aktif Para Babinsa sangat penting.

Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Susut Koramil 1626-02/Susut Sertu Ketut Rediada yang melaksanakan pendampingan pengolahan lahan di Subak Juuk Bali.

Pengolahan lahan yang dilaksanakan membantu  petani itu merupakan komitmen bersama antara TNI, pemerintah daerah dan kelompok tani atau Subak dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di wilayah Bangli.

Sebagaimana diketahui bahwa di wilayah Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli merupakan daerah yang memiliki luas lahan pertanian paling luas.

"Hasil pertanian disini cukup bagus sehingga diharapkan menjadi  penyangga daerah Bangli dan juga daerah lainnya di Bali", ungkap Sertu Ketut.

Dirinya merasa senang dapat membantu petani dalam pengolahan lahan dan berkomitmen untuk membantu petani paska pengolahan lahan sampai dengan panen. 

Babinsa asal Tampaksiring Gianyar tersebut akan berupaya semaksimal mungkin membantu petani dalam rangka pendampingan. (Kodim 1626/Bangli)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar