Selasa, 22 Oktober 2019

Berpatroli Sambil Bantu Masyarakat, Satgas Yonif Raider 142/KJ Pikul Kayu


Pendam IX/Udayana
Selasa, 22 Oktober 2019

Belu - Personel Pos Fohululik Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ melaksanakan patroli pengamanan di jalur tidak resmi dalam rangka mengantisipasi terjadinya tindakan illegal di sepanjang garis perbatasan RI-RDTL.

Hal ini di sampaikan oleh Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos., M.M., di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ Atambua NTT, Selasa (22/10/2019).

Diungkapkan Dansatgas, patroli pengamanan perbatasan tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya tindakan illegal khususnya di jalan-jalan tikus, akan tetapi saat diperjalanan personel Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ mendapati warga perbatasan membawa kayu yang sudah dipotong untuk dibawa ke atas jalan besar guna pembuatan rumah adat di Dusun Fohululik, Desa Lutharato, Kec. Lamaknen Selatan.

"Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa di daerah perbatasan RI-RDTL rawan sekali terhadap penyeludupan seperti hewan ternak, BBM, sembako, miras, pakaian bekas dan kayu gaharu/cendana, sehingga membutuhkan kewaspadaan dari tiap-tiap personel patroli keamanan dalam setiap gerakannya, komunikasi yang telah terjalin dengan penduduk di perbatasan telah menunjang tugas pokok, sehingga sebelumya personel patroli pengamanan mendapat informasi dan masukan dari masyarakat untuk mengetahui jalan-jalan tikus yang sering digunakan oleh pelaku penyelundupan," imbuhnya.

Kegiatan patroli keamanan yang dipimpin langsung oleh Komandan Pos (Danpos) Fohululik Sertu Ediyanto Simangunsong beserta 6 personelnya tersebut, mendapati masyarakat yang sedang mengeluarkan kayu olahan di dekat perbatasan, sehingga menimbulkan kecurigaan dari personel patroli pengamanan, akan tetapi setelah diselidiki secara mendetail kepada para penduduk sekitar, dapat dipastikan bahwa kayu tersebut adalah legal dan akan digunakan untuk pembuatan rumah adat penduduk setempat, sehingga para personel Satgas pun ikut membantu memikul kayu tersebut.

Terpisah, Bpk. Oktovianus Mau Bau (54) selaku Kepala Dusun Debululik menyampaikan ucapan terima kasih atas upaya personel Pos Fohululik dalam menciptakan keamanan masyarakat di perbatasan.

"Saya mewakili warga Dusun Debululik mengucapkan banyak terima kasih atas kepedulian Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ dalam menciptakan keamanan di perbatasan, dan telah membantu kami membawa kayu yang akan digunakan untuk membangun rumah adat," ungkapnya. (Satgas Yonif Raider 142/KJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar