Sabtu, 19 Oktober 2019

Distan Berikan Penyuluhan Budidaya Cabai Pada Giat Non Fisik TMMD 106 Kodim 1619/Tabanan


Pendam IX/Udayana
Sabtu, 19 Oktober 2019

Tabanan - Selain mengerjakan sasaran fisik pada siang harinya, pada sore atau malam harinya Satgas TMMD Ke 106 Kodim 1619/Tabanan juga melaksanakan kegiatan sasaran non fisik  yang diisi hampir setiap malamnya dan salah satunya adalah kegiatan penyuluhan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan tentang budidaya cabai atau paprika pada Jumat malam (18/10/2019).

Kegiatan penyuluhan bertempat di Balai Banjar Bongan Lebah Kelod, Desa Bongan, Tabanan, yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan pengetahuan kepada masyarakat Bongan tentang tata cara atau tips untuk membudidayakan cabai atau paprika.

Hal ini juga dimaksudkan untuk menambah wawasan yang bermanfaat bagi masyarakat sehingga diharapkan dapat mengembangkan dan menerapkannya untuk dijadikan sebagai tambahan penghasilan alternatif petani selain padi dan jagung serta meningkatkan perekonomian keluarga.

Hal tersebut disampaikan oleh Fungsional Penyuluh Dinas Pertanian KabupatenTabanan I Dewa Made Nuada, S.P., M.P., dan Ir. I Wayan Artanaya.

Mendampingb dalam penyuluhan tersebut Babinsa Desa Bongan Sertu Pairin dan Kelian Dinas Bongan Lebah Kelod I Wayan Suwarna bersama Masyarakat Banjar Bongan Lebah Kelod, Desa Bongan Tabanan. 

Adapun materi yang disampaikan pada penyuluhan tersebut adalah penjelasan tentang tata cara menanam cabai atau paprika, cara menyiapkan lahan yang akan ditanami, tahap pembibitan, penyiraman, penyiangan, pemupukan. 

Dijelaskan juga tentang cara budidaya tanaman cabai atau paprika bila ditanam pada polybag serta jenis-jenis hama penggangu atau penyakit yang mungkin merusak  anaman cabai atau paprika tersebut.

Masyarakat Desa Bongan yang mengikuti kegiatan tersebut terlihat serius dan antusias menyimak apa yang disampaikan oleh tim penyuluh.

"Penyuluhan ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan bercocok tanam" kata I Wayan Suwarna sebagai Kelian Dinas Bongan Lebah Kelod yang berjanji akan segera mencoba bersama warga untuk menerapkan pola tanam yang disampaikan oleh tim penyuluh. (Kodim 1619/Tabanan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar