Selasa, 22 Oktober 2019

Sambut Hari Ibu, Dharma Pertiwi Daerah J Selenggarakan Lomba Balita Sehat


Pendam IX/Udayana
Selasa, 22 Oktober 2019

Denpasar - Suasana di Aula Korem 163/Wira Satya nampak berbeda Selasa (22/10), dengan berlangsungnya lomba Balita Sehat yang digelar Dharma Pertiwi Daerah J. 

Kegiatan tersebut diikuti seluruh unsur organisasi istri tentara Dharma Pertiwi Daerah J dari Angkatan Darat (AD), Angkatan Udara (AU) dan Angkatan Laut (AL) di wilayah Bali.

Dharma Pertiwi merupakan organisasi yang mewadahi tiga organisasi istri-istri tentara di lingkungan TNI  antara lain Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenatri dan Pia Ardhya Garini.

Kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut Hari Ibu ke 91 yang diperingati 22 Desember mendatang.

Dalam lomba kali ini, sebanyak 22 Balita diikutsertakaan dengan ketentuan usia 6 bulan hingga 12 bulan, yang dinilai oleh tim juri yang terdiri dari Kesehatan Kodam IX/Udayana dan Persit. 

Terdapat sejumlah kriteria penilaian dalam lomba tersebut, antara lain kecukupan asupan Air Susu Ibu (ASI) selama enam bulan terakhir, kelengkapan tahapan imunisasi melihat pada data Kartu Menuju Sehat atau KMS, pertumbuhan berat dan tinggi badan sesuai dengan usia Balita serta motorik anak.

Dalam sambutannya, Ketua Dharma Pertiwi Daerah J, Nyonya Riza Benny Susianto, S.I.P menerangkan bahwa kegiatan ini guna meningkatkan kesadaran para Istri Tentara mengenai kesehatan anak. 

"Kegiatan ini bukan sekedar untuk menggapai prestasi, namun diharapkan para Istri Tentara dapat merawat anak agar senantiasa sehat dan memiliki kecerdasan dan tangguh sejak usia dini," ungkapnya.

Kegiatan ini juga diharapkan menular kepada instansi dan organisasi lain, untuk ikut menyiapkan sumber daya manusia yang unggul.

"Semoga lomba ini dapat menginspirasi instansi dan organisasi lain untuk mewujudkan program pemerintah pusat dan pemerintah daerah menuju Indonesia sehat," terangnya. 

Kegiatan ini berlangsung cukup hangat, selain mendapat informasi tentang kesehatan anak, para Istri Tentara juga dapat bertukar pengalaman dengan istri Tentara lainnya seputaran asupan gizi dan pola asuh anak.

Melalui kegiatan ini, diharapkan juga dapat menjaga koordinasi dan silaturahmi antar organisasi Istri Tentara dalam wadah Dharma Pertiwi.

Senada Wakil Asisten Teritorial Kasdam IX/Udayana Letkol Czi Arief Hadiyanto yang hadir pada kegiatan tersebut menjelaskan penyelenggaraan lomba Balita Sehat ini adalah dalam rangka menyambut Hari Ibu Ke 91 mendatang. 

Dharma Pertiwi Daerah J  yang meliputi wilayah Bali dan Nusa Tenggara menyelenggarakan lomba Balita Sehat yang juga merupakan arahan dari Dharma Pertiwi Pusat.

Menurutnya keikutsertaan 22 Balita kali ini berasal dari anak-anak dari Para Prajurit dari satuan TNI yang ada di Bali.

"Pesertanya dari satuan yang ada di Bali, kriterianya mengacu pada acuan lomba Balita Sehat serta tim juri berasal dari lingkungan Kodam IX/Udayana", pungkasnya.

Setelah dilaksanakan penilaian keluar sebagai Juara I, Gusti Bagus Andika Wijaya dari Yonif 741 Mekanis/GN. Juara II, Muhammad Arsyid Razqa dari Makorem 163/WSA. Juara III, Aditya Ngurah Nugraha Wirapati dari Kodim 1619/Tabanan. Juara Harapan I, Abrazam dari Yonzipur 18/YKR dan Juara Harapan II, I Made Yudistira Satya Adyatma dari Yonif 741 Mekanis/GN. (Penrem 163/WSA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar