Rabu, 20 November 2019

Satgas Yonif Raider 142/KJ Bantu Pelaksanaan Kegiatan Posyandu Anak-Anak Perbatasan


Pendam IX/Udayana
Rabu, 20 November 2019

Belu - Personel Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ yang merupakan tim kesehatan Pos Nanaenoe Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ memberikan tenaga bantuan pada kegiatan Posyandu anak-anak di Desa Nanaenoe, Kec. Nanaet Duabesi, Kab. Belu.

Keberadaan Satgas Yonif R 142/KJ diperbatasan berdasarkan Undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, lebih rinci tercantum dalam pasal 7 ayat (2) huruf b angka 4 tentang pengamanan wilayah perbatasan.

"Kegiatan tersebut dipimpin oleh Serda Sigit Prasetyo selaku Wadanpos Nanaenoe beserta 5 orang personel lainnya," ungkap Dansatgas Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos., M.M., di Mako Satgas (19/11/2019).

Selain melaksanakan Tugas Pokok dalam menjaga tapal batas Negara, Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ juga melaksanakan tugas Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Satnonkowil) dengan berkoordinasi kepada Satuan Kewilayahan yang ada serta instansi terkait dalam rangka mendukung pembangunan dan membantu mengatasi kesulitan masyarakat yang berada di perbatasan.

"Ini merupakan upaya kami untuk mengetahui kesehatan dan perkembangan balita yang ada di daerah perbatasan terutama di wilayah desa binaan," tegas Dansatgas.

Kegiatan Posyandu di daerah perbatasan sangat penting bagi perkembangan anak-anak balita yang berada di daerah tersebut.

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dilakukan dalam rangka mengetahui perkembangan pertumbuhan anak-anak balita, khususnya peningkatan berat badan si buah hati, kegiatan posyandu dilaksanakan sekali dalam sebulan.

"Selain membantu kegiatan Posyandu anak-anak di Desa Nanaenoe, personel kita juga memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara hidup sehat dan pentingnya kesehatan bagi anak-anak di desa binaan mereka," jelasnya.

Pada saat itu, ada sekitar 30 anak balita yang melaksanakan pengecekan dan penimbangan berat badan, semuanya mengalami peningkatan setiap bulan.

Terpisah, Bpk. Silvester Taek selaku Kepala Desa Nanaenoe menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel Satgas Yonif R 142/KJ yang membantu kegiatan tersebut.

"Kami sangat berterima kasih kepada bapak TNI yang telah membantu kegiatan Posyandu setiap bulannya di desa ini, kami berharap kehadiran mereka tetap aktif pada kesempatan Posyandu kedepan," ungkapnya.

Sementara itu, Ibu Malo selaku bidan di wilayah tersebut mengucapkan terima kasih atas partisipasi pihak Satgas Yonif R 142/KJ.

"Saya mewakili ibu-ibu kader mengucapkan terima kasih banyak terhadap bapak TNI yang telah membantu kegiatan Posyandu ini sehingga dapat berjalan dengan lancar," ucapnya.

Koptu Tampubolon selaku Tamtama Kesehatan di Pos Nanaenoe menyampaikan bahwa membantu kegiatan Posyandu merupakan hal yang positif untuk warga masyarakat.

"Kami berharap, apa yang kami lakukan bermanfaat bagi warga masyarakat, sehingga keberadaan kami ditengah-tengah mereka dapat dirasakan secara langsung manfaatnya," tutur Koptu Tampubolon. (Satgas Yonif R 142/KJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar