Jumat, 17 Januari 2020

Kasdam IX/Udayana Pimpin Upacara Perabuan Secara Militer Almarhum I Nyoman Suwandha, S.H.


Pendam IX/Udayana
Jumat, 17 Januari 2020

Buleleng - Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri bertindak selaku Irup dalam Upacara Perabuan secara militer yang dilanjutkan Upacara Palebonan Jenazah Almarhum I Nyoman Suwandha, SH., sebagai mantan Wakil Jaksa Agung RI tahun 1995 - 1997 dan Ketua PHDI Pusat tahun 2001- 2006, pada Jumat (17/1) di Kel. Banjar Jawa, Kec. Buleleng, Kab. Buleleng.

Acara perabuan jenazah yang diawali dengan upacara militer pemberangkatan jenazah dari rumah duka Jl. Gajah Mada, No. 81, Kel. Banjar Jawa, Kec. Buleleng, Kab. Buleleng menuju Setra (tempat pemakaman) Buleleng dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, Idianto, S.H., M.H.

Setibanya di Setra Buleleng dilaksanakan Upacara Perabuan Jenazah yang dipimpin oleh Kasdam IX/Udayana selaku Inspektur Upacara dengan membacakan amanat Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., yang intinya menyampaikan bahwa upacara kebesaran ini dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan pemerintah atas jasa, dharma bhakti dan pengabdian almarhum kepada negara dan  bangsa  semasa  hidupnya.

Dengan kepergian almarhum, kita semua telah kehilangan seorang putra terbaik bangsa yang selalu memegang teguh prinsip-prinsip perjuangan demi tetap tegaknya NKRI. Apa yang telah dilakukan almarhum semasa hidupnya, terutama saat beliau mengemban tugas dengan penuh semangat dan keikhlasan, tentunya sangat bermanfaat untuk kita teladani bersama dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara.

Disisi lain, bahwa almarhum sebagai manusia biasa, semasa hidupnya tentu tidak luput dari segala kekhilafan dan kealpaan. Oleh karena itu, saya mengajak para hadirin sudilah kiranya secara ikhlas melapangkan dada untuk memaafkan segala kekhilafan atau kesalahan almarhum  semasa hidupnya yang dilakukan baik disengaja maupun tidak disengaja. ”Mari kita semua mendo’akan almarhum semoga kekhilafan dan kesalahan almarhum diampuni dan arwahnya diterima di sisiNya”, tutup Pangdam.

Selanjutnya dari pihak keluarga Almarhum I Nyoman Suwandha, SH., dalam sambutannya pada intinya menyampaikan, almarhum berpulang pada tanggal 3 Januari 2020, kepergian beliau sangat mengagetkan kita semua setelah dinyatakan oleh dokter di Singapura bahwa penyakit kanker yang dideritanya mulai tahun 2018 sudah negatif, pada bulan Mei 2019 kondisi beliau berangsur-angsur semakin baik dimana sebelum kepergiannya beliau dalam kondisi yang sehat, sudah lama kembali berjalan tanpa alat bantuan ternyata Ida Sangyang Widhi Wasa  lebih sayang dan memanggil beliau kembali ke kepangkuannya.

Kami sekeluarga menghaturkan banyak terima kasih kepada seluruh jajaran Tentara Nasional Indonesia, seluruh jajaran Kejaksaan Agung Republik Indonesia, seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng, kerabat Desa Banjar Jawa dan seluruh keluarga besar yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu atas dukungan baik moril dan materiil selama ini dari saat berpulangnya sampai acara pengabenan ayah kami tercinta, tambahnya.

Turut hadir pada upacara perabuan diantaranya Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, Asintel Kasdam IX/Udy, Kasrem 163/WSA, Dandim 1609/Buleleng, Wakil Bupati Buleleng, Kapolres Buleleng, Kajari Buleleng, Kepala Pengadilan Negeri Buleleng, Dandenkesyah Singaraja, Kepala SPN Singaraja, Danyonif Raider 900/SBW, Para Pimpinan  BUMN dan Lembaga Kabupaten Buleleng, para Perwira dan anggota Kodim 1609/Buleleng, Camat Buleleng, Lurah Banjar Jawa, Toga, Todat, Tomas  Kab. Buleleng, dan Keluarga Almarhum, serta masyarakat setempat sejumlah 1000 orang. (Pendam IX/Udy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar