Selasa, 14 Februari 2017

TNI Butuh Media Sebagai Partner


Pendam IX/Udayana
Selasa, 14 Pebruari 2017

Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M., mengatakan bahwa TNI saat sekarang sangat membutuhkan media sebagai partner untuk mengawal dan mendukung tugas-tugas TNI, terkhusus bagi Danrem adalah  dalam melaksanakan tugas memimpin satuan Korem 161/Wira Sakti. Demikian disampaikan Danrem pada saat melaksanakan kunjungan ke Kantor Pos Kupang dan Kompas TV, Senin siang (13/02/17) "Saya butuh partner yang memang betul-betul bisa mendukung saya untuk menyampaikan ke publik hal yang sebenarnya terjadi, situasi dan fakta akurat", sebut Danrem.

Kunjungan Danrem yang didampingi oleh Kasi Intel Kolonel Inf Yudi Pranoto, S.H., M.H., Kasi Pers Letkol Inf Apriadi Dirbas, Kasilog Letkol Inf Albertus Dony serta Kapenrem Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia ke media yang sudah hadir di Kota Kupang sejak tahun 1992 tersebut mendapatkan sambutan hangat dari Pimpinan Redaksi Pos Kupang Dion D.B. Putra beserta segenap manajer dan news redaktur. Seperti Koordinator Liputan Hyron Modo, Pemimpin Redaksi Kompas TV Edy Olin, Sekretaris Redaksi Marsel Ali, Redaktur Polkam Hilarius  F. Jahang, Manajer Iklan Mariana Dohu, Redaktur Senior Benny Dasman, Redaktur Bisnis Paulus K. Burin dan Redaktur Daerah Kanis Jehol.

Dion D.B. Putra menjelaskan tentang keberadaan media Pos Kupang serta Kompas TV yang kehadirannya telah mampu memberikan kontribusi publikasi informasi ataupun berita kepada masyarakat di wilayah NTT termasuk jalinan dengan TNI terkhusus juga Korem 161/Wira Sakti dan jajaran yang selama ini telah berjalan dengan baik."Di masing-masing wilayah kami punya kontributor, kecuali untuk Kabupaten Alor dan Rote", sebut Dion D.B. Putra. Kami berharap kepada Jajaran Korem 161/Wira Sakti, baik itu Kodim, Koramil maupun Babinsa dapat berbagi informasi kepada kami. Kami juga mengalami keterbatasan personel di lapangan dengan berharap adanya kerjasama dengan aparat TNI di wilayah bisa memberikan kontribusi sebagai nara sumber. Karena menurutnya banyak kegiatan yang dilakukan oleh TNI yang perlu dipublikasikan dan diketahui publik atau masyarakat.

Harapan Pimpinan Redaksi Pos Kupang yang juga Ketua PWI NTT ini, mendapat respon positif dari Danrem 161/Wira Sakti yang akan menindaklanjuti kepada jajaran untuk melakukan kerjasama dengan media ini. Danrem mengatakan memang banyak program dari TNI di wilayah yang memang perlu diketahui masyarakat. Sampai Danrem sempat berseloroh tentang jargon lama yaitu "Jangan Apa Kata Dunia, Tetapi Katakanlah Pada Dunia". Untuk itu media memegang peran untuk menyampaikan hal-hal yang baik yang bermanfaat bagi masyarakat. Banyak kegiatan Korem 161/Wira Sakti yang berkaitan dengan peningkatkan kesejahteraan masyarakat, seperti adanya program kerjasama dengan Kementerian Pertanian RI dalam program cetak sawah untuk mendukung swasembada pangan yang sudah bergulir sejak tahun 2016 dan berlanjut di tahun 2017 ini.

Kita sebagai satuan kewilayahan juga memiliki program pembinaan teritorial atau Binter yang tidak bisa dilaksanakan sendiri tetapi butuh mitra termasuk media untuk mempublikasikan. Kegiatan yang berlangsung selama satu jam lebih di ruang redaksi Pos Kupang tersebut diselingi juga dengan tanya jawab antara Danrem dan Staf Redaksi yang antara lain saran masukan terkait isue terkini seperti masalah Narkoba maupun Human Trafficking yang juga diharapkan adanya peran Korem 161/Wira Sakti terlebih satuan ini juga memiliki tugas pokok melaksanakan pengamanan perbatasan negara dan juga pulau terluar.

Terkait hal ini Danrem menanggapi bahwa kita kosisten untuk melaksanakan tugas di perbatasan, Satgas Pamtas yang ada di sepanjang perbatasan sudah diperintahkan untuk mengantisipasi terhadap rawannya penyelundupan Narkoba melalui jalan-jalan tikus termasuk juga permasalahan human trafficking dengan mengoptimalkan peran Babinsa di wilayah untuk mendeteksi praktek melanggar hukum tersebut, pungkas Danrem. (Penrem 161 Wira Sakti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar