Selasa, 30 Mei 2017

Asah Kemampuan Komando Dan Staf Kodim , Melalui Kegiatan Latihan Posko I



Selasa, 30 Mei 2017
Pendam IX/Udayana

Senin 29 Mei 2017 bertempat di Makodim 1607/Sumbawa dilaksanakan kegiatan latihan Posko I Kodim 1607/Sumbawa tahun 2017. Kegiatan latihan memang sangat dibutuhkan terutama bagi seorang Prajurit tanpa berlatih maka kita tidak akan menjadi memiliki kemampuan, karena untuk menjadi Prajurit yang profesional sangat dibutuhkan program latihan yang terencana, terarah, bertahap, bertingkat, dan berlanjut.

Upaya dalam meningkatkan profesionalisme prajurit dan Satuan saat ini bukan lagi menjadi tuntutan, tetapi sudah menjadi kebutuhan mendasar yang harus diwujudkan, karena tugas yang dihadapi ke depan akan semakin komplek, untuk itu kegiatan latihan Posko I Kodim 1607/Sumbawa tahun 2017 ini dilaksanakan guna menyiapkan satuan kewilayahan dalam rangka penanggulangan bencana alam dan membentuk Prajurit serta Satuan yang profesional dalam melaksanakan tugas yang akan dihadapi dilapangan.

Sesuai dengan tema pelaksanaan kegiatan latihan Posko I Kodim 1607/Sumbawa kali ini yaitu “Melaksanakan Tugas Bantuan Kepada Pemerintah Daerah Dalam Rangka Menanggulangi Terjadinya Bencana”, tema ini sangat tepat dengan tujuan dan sasaran dari pelaksanaan kegiatan latihan Posko I ini yaitu untuk melatih serta meningkatkan prosedur hubungan antara Komando dan Staf untuk membantu kelancaran dan sinergitas pelaksanaan tugas dalam menyelesaikan tugas-tugas baik yang terprogram maupun yang tidak terprogram.

Sasaran dari kegiatan ini  yaitu para anggota jajaran Kodim 1607/Sumbawa diharapkan mampu melaksanakan kegiatan prosedur hubungan komandan dan staf sesuai mekanisme yang berlaku dan  mampu melaksanakan komando pengendalian dalam satuan operasi bantuan kepada pemerintah daerah,  termasuk mampu melaksanakan koordinasi dengan aparat terkait sesuai mekanisme dan prosedur, serta mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat dalam menghadapi persoalan di lapangan.

Seperti apa yang disampaikan oleh Dandim 1607/Sumbawa Letkol Arh Sumanto mengatakan bahwa tema tersebut diambil mengingat kondisi goegrafis wilayah NTB khususnya Kodim 1607/Sumbawa yang terdiri dari pengunungan, sungai dan dikelilingi oleh lautan serta melihat kondisi cuaca yang tidak menentu, maka tidak menutup kemungkinan bencana alam bisa saja terjadi diwilayah ini, untuk itu kegiatan latihan seperti ini sangatlah tepat dalam rangka melatih kemampuan Prajurit dalam menyelesaikan berbagai masalah terutama yang berkaitan dengan kejadian bencana yang terjadi dilapangan. Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Bupati Kab. Sumbawa, Kapolres Kab. Sumbawa  dan diikuti oleh BMKG, BPBD dan instansi terkait lainnya yang ada di Kab. Sumbawa ini akan dilaksanakan selama kurang lebih tiga hari.  (Penrem 162/Wira Bhakti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar