Senin, 22 Mei 2017

Sukseskan Ketahanan Pangan, Dandim 1609/Buleleng Ikut Tanam Padi


Pendam IX/Udayana
Senin, 22 Mei 2017

Sukseskan Ketahanan Pangan Dandim Buleleng Ikut Tanam Padi di Dusun Celuk Buluh Desa Kalibukbuk Kec. Buleleng Kab. Buleleng, Senin (22/5).

Suasana penuh keakraban terlihat antara Komandan Kodim 1609/Buleleng, Letkol Inf Slamet Winarto S.E. dengan Petani di Dusun Celuk Buluh. Program yakni Pengembangan Brigade tanam, pengembangan tehnologi padi daya tanam Holtikultura Tahun 2017. Bahkan dalam kesempatan ini Dandim 1609/Buleleng ikut turun ke sawah bersama-sama Petani. Dandim juga ikut menanam padi dengan sistim Jajar Legowo, menggunakan mesin transplanter di Dusun Celuk Buluh.

Dandim 1609/Buleleng dalam sambutannya mengatakan, bahwa proses Petani atau budidaya pertanian sangat penting, salah satunya dalam pertanian padi sangat penting bagi kehidupan negara Indonesia. Dengan pengembangan pertanian yang bagus akan mendukung ketahanan pangan nasional. Beras menjadi salah satu produk yang sangat penting, ini di karenakan beras menjadi produk yang termasuk pada sembilan bahan pokok. Percontohan tanam padi sistim Jajar Legowo, alat ini diberikan oleh pemerintah untuk memudahkan bagi petani agar penanaman, pemeliharaan sampai panen padi hasilnya lebih meningkat.

Dandim 1609/Buleleng, menambahkan bahwa hal yang mempengaruhi proses meningÄ·atnya produk padi diantaranya mulai dari penggunaan mesin tanam (Transplanter) yang tujuannya adalah mengurangi biaya tanam dan dalam penanaman padi lebih cepat, penggunaan bibit unggul, pemupukan yang tepat sasaran, pengairan yang tepat dan pengendalian hama penyakit. (Penrem 163/Wira Satya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar