Senin, 11 September 2017

Koramil 1608-07/Monta Bersama Dinas Kehutanan Dan Pol PP Laksanakan Patroli di Hutan Parado

Pendam IX/Udayana
Senin, 11 September 2017

Minggu 10 September 2017, anggota Koramil 1608-07/Monta bersama anggota Dinas Kehutanan  dan anggota Polisi Pamong Praja Kabupaten. Bima melaksanakan kegiatan patrol di sekitar hutan Desa Parado Kanca Kecamatan Monta Kabupaten Bima.

Kegiatan pengecekan dan swiping dalam patroil yang dilaksanakan oleh Tim Gabungan  di sekitar kawasan hutan Desa Parado Kanca ini bertujuan untuk mencegah adanya kegiatan illegal loging yang kerab terjadi di sekitar hutan yang ada di Kab. Bima. Seperti kita ketahui bersama bahwa kerusakan hutan yang ada diwilayah NTB khususnya di Kab. Bima sudah sangat parah, karena selain pembalaksan liar yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab secara terus-menerus, alih fungsi lahan yang dilakukan oleh masyarakat juga sangat mengancam keberadaan hutan yang ada diwilayah Kabupaten Dompu.  Seperti apa yang disampaikan oleh Danpos Koramil 1608-07/Monta Serma  Abdullah saat mengikuti kegiatan patrol tersebut menyampaikan bahwa kegiatan patrol seperti ini sangat penting untuk dilaksanakan, mengingat semakin hari, kerusakan hutan yang ada diwilayah kita semakin parah saja.

Oleh sebab itu saya berharap seluruh komponen masyarakat dapat bekerjasama menyelamatkan hutan yang ada diwilayah NTB khususnya yang ada di Kab. Bima. Hal tersebut dikarenakan keberadaan hutan sangat penting bagi kehidupan. Keberadaan hutan tidak hanya dapat menjadi tempat hidup dan tempat berkembangbiaknya flora dan fauna saja, namun hutan juga berfungsi sebagai  sumber oksigen dan penyerap/penyimpan gas karbon.

Selain itu hutan juga sangat berfungsi untuk mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan erosi. Bukan hanya itu saja, keberadaan hutan juga sangat membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, jika hutan kita musnah maka akan banyak malapetakan yang terjadi seperti persediaan air akan mudah habis, suhu akan menjdi sangat panas karena minimnya lapisan atmosfer bumi, dan yang pasti jika hutan tidak ada lagi didunia ini maka polusi udara akan semakin meningkat  sehingga banyak penyakit bermunculan.

Mengingat pentingnya keberadaan hutan bagi kehidupan semua mahluk yang ada di muka bumi ini, terutama bagi kehidupan manusia, maka kita semua harus menjaga kelestarianya, dengan menghentikan aktivitas illegal loging/pembalaksan liar. Ia berharap masyarakat khususnya masyarakat yang ada di sekitar kawasan hutan Desa Parado Kanca dapat bekerjasama dalam upaya pelestarian hutan dengan tidak melakukan aktivitas yang dapat merusak hutan seperti alih fungsi lahan dan masyarakat juga diharapkan dapat mencegah para pelaku illegal loging.

Mari kita jaga keberadaan hutan kita demi kelangsungan hidup seluruh mahluk yang ada di muka bumi ini, khususnya demi kelangsungan hidup anak cucu kita kedepan, karena tanpa hutan kehidupan didunia ini akan menjadi hancur, selamatkan dunia dengan cara kita selamatkan hutan kita. (Kodim 1608/Bima)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar