Rabu, 13 September 2017

Menyongsong HUT Ke-72 TNI Korem 161/WS Beri Pembekalan Wasbang Mahasiswa Baru UKAW


Pendam IX/Udayana
Rabu, 13 September 2017

Orientasi Pendidikan Mahasiswa Baru (OPMB) Universitas Kristen Artha Wacana Kupang mendapatkan pembekalan materi wawasan kebangsaan. Kegiatan wawasan kebangsaan diberikan oleh Perwira Seksi Komunikasi Sosial (Pasi Komsos) Staf Teritorial Korem 161/Wira Sakti, Mayor Arm Wahyu Martono, Selasa Siang (12/09) bertempat di halaman depan kampus setempat.

"Hal ini sebagai bagian dari program serbuan teritorial Korem 161/ Wira Sakti melalui pemberian  materi wawasan kebangsaan kepada sekitar 1400 mahasiswa baru Universitas Kristen Artha Wacana Kupang, yang sedang melaksanakan masa orientasi pendidikan", Ungkap Mayor Arm Wahyu. Lanjutnya, kegiatan ini juga dalam rangka menyongsong Hut Ke 72 TNI Tahun 2017, dimana salah satu kegiatan yang dilaksanakan yaitu pembekalan wawasan kebangsaan kepada komponen masyarakat, termasuk para mahasiswa sebagai generasi muda yang memang wajib untuk dibekali tentang wawasan kebangsaan.

Pada kesempatan ini Mayor Wahyu menjelaskan kepada seluruh mahasiswa tentang kondisi terkini bangsa ini terkait isue global, nasional dan daerah termasuk yang belakangan tentang isue intoleransi dan radikalisme  yang tidak sesuai dengan tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ditekankan juga terkait empat konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang perlu untuk dijaga dan dirawat keberadaannya demi berdiri tegaknya Bangsa Indonesia. "Pancasila adalah sudah final bagi bangsa kita sebagai dasar negara dan falsafah hidup bangsa karena Pancasila lahir sudah dirumuskan oleh founding father bangsa ini melalui proses perumusan dan perenungan yang panjang, sehingga Pancasila yang paling cocok untuk sebuah bangsa besar seperti Indonesia dengan segala kebhinnekaan dan kharakteristiknya", sebut Mayor Wahyu. Pembekalan materi Wasbang yang dimoderatori oleh Dosen Fakultas Hukum Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW), Edy Tagihuma, S.H.,M.H., tersebut berjalan menarik dan interaktif karena banyaknya tanggapan dan pertanyaan dari para mahasiswa baru tentang topik yang disampaikan.

Salah seorang mahasiswa Fakultas Hukum bernama Yoksan mengapresiasi pembekalan seperti ini buat generasi muda. "Terima kasih materi yang disampaikan kepada kami sangat menarik dan luar biasa", ungkapnya saat memberikan tanggapan dan beberapa pertanyaan. Baginya wawasan kebangsaan sangat perlu ditanamkan kepada generasi muda sehingga akan memahami bangsa kita yang sebenarnya. 

Sementara itu Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UKAW Odlief G.R. Wewo, S.H., M.H., menyampaikan terima kasihnya dapat bekerjasama dengan Korem 161/Wira Sakti mengisi pembekalan Wasbang pada kegiatan masa orientasi pendidikan bagi mahasiswa baru di kampus tersebut. "Hal ini merupakan kegiatan yang sangat positif untuk membekali para mahasiswa sebagai generasi muda bangsa tentang wawasan kebangsaan", sebutnya seraya ke depannya kegiatan yang sama dapat diagendakan kembali antara pihak Korem 161/Wira Sakti dengan Universitas Kristen Artha Wacana. (Korem 161/Wira Sakti )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar