Senin, 11 Desember 2017

Peringati Hari Juang Kartika, Kodam Gelar Donor Darah Dan Khitanan

Pendam IX/Udayana
Senin, 11  Desember 2017

Donor darah merupakan kegiatan kemanusiaan yang  tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan darah, karena sebagai pendonorpun akan mendapatkan manfaat besar ketika rutin mendonorkan darah, banyak manfaat yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit, sehingga tubuh tetap sehat dan dapat bekerja dengan bugar serta efisien.

Berkenaan dengan itu dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika Tahun 2017, Kodam IX/Udayana dibawah komando Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P.,M.Sc., menggelar kegiatan Donor Darah bekerjasama dengan Hotel Discovery Kartika Plaza (Artha Graha) dan PMI Prop. Bali, pada Senin (11/12) di Hotel Discovery Kartika Plaza, Tuban, Kabupaten Badung.

Kegiatan ini diikuti oleh anggota TNI dan ASN di lingkungan Kodam IX/Udayana,  yang bermakas di wilayah Garnizun Denpasar, FKPPI dan Persit Kartika Chandra Kirana, dengan jumlah personel 500 orang. Darah yang berhasil dikumpulkan selanjutnya disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI Provinsi Bali, dengan harapan semoga sumbangan darah ini dapat membantu kesulitan warga masyarakat.

Pada kesempatan tersebut  Pangdam IX/Udayana dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono menyampaikan, kegiatan donor darah dan khitanan  ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Juang Kartika Tahun 2017 dengan tujuan untuk mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dengan menyumbangkan darah berarti kita telah menyelamatkan orang lain, setetes darah yang kita sumbangkan sangat berarti bagi keselamatan jiwa.  Selain memiliki misi sosial kemanusiaan, donor darah bila ditinjau dari segi kesehatan juga memiliki manfaat positif bagi pendonor yaitu meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis dan mendeteksi penyakit serius sejak dini.

Kasdam juga menyampaikan, disamping donor darah, pada kesempatan dan tempat yang sama digelar pelayanan kesehatan kepada anak-anak berupa khitanan sehingga secara langsung membantu meringankan beban keluarga atau masyarakat. Mengingat kegiatan ini secara langsung dapat menyentuh kepentingan masyarakat maka kepada seluruh masyarakat yang belum menerima pelayanan kesehatan sesuai program pemerintah agar memanfaatkan momen dalam kegiatan ini dengan sebaik baiknya. Demikian ujar Kasdam.

Para pejabat yang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain,. Irdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Danrindam IX/Udayana, Para Pa Ahli, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, LO AL dan LO AU, Para Dan/Ka Satuan jajaran Kodam IX/Udayana, Mr. Jacques Clarijs (Executive Assistent Manager Hotel Discovery Kartika Plaza),  Bpk. Pandu Djoyoadni, Dr. Nyoman Winaya (Dokter Tim Ahli Kesehatan PMI),  Bpk. Made Adi dan Bpk. Yudi  dari FKPPI dan Persit Kartika Chandra Kirana.(PendamIX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar