Selasa, 06 Maret 2018

Camat Laktutus Ucapkan Terima Kasih Kepada Pos TNI Dari Yonif 743/PSY di Perbatasan



Pendam IX/Udayana
Selasa, 6 Maret 2018

Berawal dari anggota Kesehatan Pos Laktutus Satgaspam Perbatasan RI-RDTL Yonif 743/PSY mendapatkan berita dari warga binaan sekitar pos bahwa telah terjadi korban gigitan ular hijau ( samodok) pada warga yang bernama bapak Yulius Moruk berusia 68 tahun,  bertempat Sabtu (3/3) di Dusun Fatubesi A Desa. Fohoeka  kecamatan. Nanaet Dubesi.
 
Kejadian terjadi pada siang hari dimaan bapak Yulius Moruk sedang membersihkan pekarangan rumah, tiba-tiba bapak Yulius Moruk menjerit kesakitan akibat gigitan ular hijau di kaki kirinya, keluarga korban langsung menghubungi tim kesehatan pos laktutus atas Nama. Praka Ketut Minggu Widiartha dan Pratu Satriawan, tanpa berpikir panjang anggota Pos langsung menuju ke rumah Bapak Yulius Moruk yang berjarak kurang lebih 6 km dari pos dengan kondisi medan yang berlumpur untuk melakukan tindakan pertolongan pertama. Setibanya di rumah Korban anggota  dilakukan tindakan pertolongan pertama dengan membersihkan luka bekas gigitan dan menghentikan perdarahan dengan menggunakan verban. Dan berkoordinasi dengan puskesmas untuk dilakukan evakuasi ke puskesmas menggunakan ambulance.

Dengan kondisi medan yang berlumpur mengakibatkan ambulance mengalami kesulitan menuju rumah korban. Melihat kondisi korban tidak memungkinkan maka anggota kesehatan pos a.n Prk Ketut minggu segera melakukan evakuasi dengan cara menggendong korban sejauh 500 meter dari rumah korban menuju lokasi ambulan. Setelah sampai di ambulan Korban segera dibawa ke Puskesmas Laktutus. Ditengah perjalanpun ambulan sempat mengalami kesulitan melewati jalan berlumpur sehingga harus dibantu didorong oleh warga untuk melewati jalan lumpur tersebut. Setibanya di puskesmas korban segera ditangani dan diobati oleh personil puskesmas. Kepala puskesmas laktutus Yariflen Orias Oematan Skm berpendapat bahwa apa yang dilakukan oleh anggota kesehatan pos laktutus sangat sigap dan cepat dalam melakukan pertolongan pertama dan sangat membantu masyarakat serta puskesmas dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Komandan Batalyon 743/PSY Mayor Inf Putu Tangkas Wiratawan, S.I.P saat dihubungi via telpon membenarkan akan kejadian tersebut, dan saat menerima laporan dari Danpos Laktutus Danyon 743/PSY memerintahkan anggotanya segera melaksanakan pertolongan dan mengirim ambulan ke tempat warga yang digigit ular.

Camat laktutus Michael Bria S. Sos mengutarakan banyak terima kasih kepada Pos TNI di Perbatasan khususnya Pos Laktutus bahwa dengan adanya tenaga kesehatan di pos laktutus sangat membantu warga di sekitaran pos. Selain menjaga wilayah Perbatasan NKRI, anggota pos turut aktif dalam membina warga dan membantu warga apabila ada warga yang mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan.(Satgas Pamtas Yonif 743/PSY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar