Minggu, 17 Juni 2018

Kodim 1628/KSB Siap Sukseskan Pilkada Serentak 2018


Pendam IX/Udayana
Minggu, 17 Juni 2018

Komando Distrik Militer 1628/Sumbawa Barat bersama Aparat Kepolisian  dan pihak KPU setempat siap mensukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak, 27 Juni 2018.

Dandim 1628/Sumbawa Barat (KSB) Letkol (Czi) Eddy Oeswaronto,  menegaskan perkiraan ancaman pada tahapan Pilkada serentak, adalah  saat pendistribusian logistik dan  pada saat pencoblosan serta pasca pencoblosan.

“Jadi kerawanan-kerawan ini yang perlu  di antisipasi oleh TNI bersama Kepolisian serta pihak KPU sebagai penyelenggara Pemilu,” ujar Dandim KSB, Letkol (Czi) Eddy Oeswaronto.

Sementara itu, hasil koordinasi dengan pihak Kepolisian dan KPU KSB terkait kesiapan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018 di wilayah KSB, baru sudah merampungkan pengiriman logistic berupa alat kelengkapan seperti Hologram dan alat tulis.

“Logistik yang telah diterima  berupa Hologram 772, Segel 4889 lembar, sampul, Formulir, Alat tulis/bolpoin, Tanda Pengenal KPPS/ Limnas dan Saksi,” katanya.

Logistic tersebut sudah diterima  lengkap dan tidak ada kerusakan sesuai jumlah TPS 193 se Kab Sumbawa Barat. Setiap  TPS  ada  1 kotak suara dan 2 Bilik/ TPS.

Hanya saja menurut Eddy, Pilkada serentak 2018,  tinggal menghitung hari pelaksanaan, mestinya pihak penyelenggara pilkada 2018, sudah menerima  pendistribusian surat    suara.

“Surat suara  masih belum diterima dan khabarnya masih dalam proses pengiriman dar Bali menuju wilayah Kabupaten Sumbawa Barat,” tegasnya.

Hasil pantauan perkembangan situasi dilapangan menjelang pelaksanaan Pilkada serentak, 27 Juni  2018, sejauh ini belum ada ditemukan pontensi gangguan.

“Belum ditemukan adanya persoalan yang  berpotensi  menjadi ancaman  kerawanan yang dapat mengganggu dan menggagalkan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018 di wilayah wilayah KSB. Ujar Dandim KSB.

Menjadi hambatan pada pendistribusian logistik ke daerah KSB. Wilayah KSB inikan  masih ada desa-desa terpencil  terpencil berada di ketinggian dan bergunung-gunung, sehingga pendistribusian kemungkinan menjadi hambatan terdapat termasuk kendala komunikasi karena signal HP yang belum terjangkau.

Meski demikian menurut Eddy, pihaknya sudah menyiapkan Pam Apkam untuk melaksanakan Pam Pengawalan  logistik Pilkada yang di kirim ke PPK dan ke setiap TPS/Desa.

“Saya berharap seluruh panitia Pilkada dapat meningkatkan koordinasi  dan bersinergi antara TNI - Polri utk bersama-sama menjaga kondusifitas stabilitas kamtibmas menjelang tahapan pemungutan suara Pilkada Gubernur 2018,” harapnya.

Selain itu, Dandim ia juga telah menyiapkan personil  untuk Pam TPS di tiap-tiap  desa yaitu Babinsa bersama dengan Babinkamtibmas.  

Semua personil yang dilibatkan tersebut juga mencegah penyebaran berita hoax, guna menjaga kondusifitas wilayah agar pelaksanaan Pilkada Gubernur/Wakilgubernur NTB dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses. (Kodim 1628/Sumbawa Barat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar