Kamis, 05 Juli 2018

Wujudkan Semangat Dwi Cakti Bhakti, Paldam IX/Udayana Sumbang Darah


Pendam IX/Udayana
Kamis, 5 Juli 2018

Menyongsong Hari Ulang Tahun Corp Peralatan TNI Angkatan Darat ke 72 yang tepatnya jatuh pada tanggal 10 Juli 2018, Paldam IX/Udayana melaksanakan Donor Darah pada Rabu (4/7) di Rumah Sakit Umum Bali Mandara, Sanur Denpasar.

Kegiatan ini diprakarsai oleh Kapaldam IX/Udayana Kolonel Cpl Ir. Tommy Mukti Widyastomo, bekerjasama dengan PMI Cabang Provinsi Bali, dengan mengerahkan 150 orang anggota Paldam IX/Udayana baik Militer, Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Paldam IX/Udayana dan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 4 Paldam.

Kapaldam IX/Udayana menyampaikan kegiatan ini merupakan wujud partisipasi anggota Peralatan Kodam IX/Udayana kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan darah, dan dari darah yang terkumpul akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI Cabang Provinsi Bali, dengan harapan agar dapat membantu kesulitan masyarakat yang membutuhkan bantuan darah, mengingat demikian pentingnya setetes darah dalam menyelamatkan kehidupan seseorang, dengan sumbangan darah ini setidaknya dapat membantu kesulitan masyarakat yang membutuhkan bantuan darah.

Disamping itu kegiatan ini juga merupakan realisasi dari tema peringatan Hari Ulang Tahun ke-72, Peralatan TNI Angkatan Darat kali ini yakni "Dilandasi Semangat Dwi Cakti Bhakti Kita Wujudkan Aktualisasi Diri Prajurit Peralatan Yang Profesinal Dalam Mewujudkan Sistem Pemeliharaan Yang Epektif Dan Akuntabel Guna Tercapainya Kesiapan Operasional Satuan Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI-AD".

Salah satu aktualisasi dari tema peringatan HUT kali ini juga tidak terlepas dari kegiatan sosial kemasyarakatan dan kegiatan kemanusiaan seperti Donor Darah yang dilaksanakan kali ini disamping kegiatan lain seperti karya bhakti yang secara langsung dapat menyentuh kepentingan masyarakat dilaksanakan bersama-sama secara bergotong royong.

Inilah sebagai salah satu ciri prajurit yang professional senantiasa menyatu dan manunggal dengan rakyatnya, karena pada hakekatnya rakyat adalah ibu kandung dari prajurit yang besal dari rakyat, berjuang bersama rakyat dan demi kepentingan rakyat, komitmen seperti ini senantiasa ditegakkan oleh TNI termasuk prajurit Korp Peralatan dalam setiap pelaksanaan tugas.

Disamping itu manfaat yang diperoleh dalam pelaksanaan donor darah ini adalah dapat menumbuhkan kepekaan sosial dan mengamankan tsok darah di PMI Cabang Provinsi Bali, kemudian bagi sipendonor juga banyak manfaat positif yang diperoleh bila melaksanakan donor secara teratur, antara lain dapat menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan produksi sel darah merah yang sangat baik untuk  kesehatan. (Pendam IX/Udy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar