Selasa, 21 Agustus 2018

Panen Bersama Demplot Kodim 1610/Klungkung Untuk Ketahanan Pangan


Pendam IX/Udayana
Selasa, 21 Agustus 2018

Kegiatan Panen Bersama yang diselenggarakan oleh Kodim 1610/Klungkung dalam rangka penyelenggaraan Ketahanan Pangan Tahun 2018, berlokasi di Subak Jero Kuta Wilayah Desa Adat Sangkan Buana, Kelurahan Semarapura Kauh, Klungkung, Selasa (21/08).

Dengan Tema "Melalui Pembinaan Ketahanan Pangan Prajurit TNI AD Siap Mendukung Pemerintah Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Sebagai Pilar Perekonomian Bangsa Dengan Memanfaatkan Sumber Daya Alam Yang ada Di Wilayah".

Dandim Letkol Kav Jacob Janes Patty dengan bangga melakukan panen raya di Demplot padi seluas 1 Hektare.

Tampak hadir dalam kegiatan, Dandim 1610/Klungkung, Danramil 1610-01/Klungkung dan anggota, Pasiter Kodim 1610/Klungkung (Kapten Inf I Nyoman Tunggu, Kelian Subak Jero Kuta I Nengah Sukana, Ketua UPT Kecamatan Klungkung I Wayan Terima Semarapura, Anggota PPL se-Kecamatan Klungkung Ir. I Ketut Januarsa dan anggota Subak Jero Kuta sebanyak 30 orang.

Dalam kesempatan tersebut Dandim mengatakan, bahwa panen ini menunjukkan langkah ketahanan pangan yang dilaksanakan TNI, untuk mendapatkan hasil yang optimal.

TNI sebagai pembina telah berhasil menunjukkan bahwa produksi pangan dapat optimal dengan kerja yang maksimal.

Luas lahan 1 Hektare ini menjadi lahan uji coba, percontohan bibit padi berkualitas, dia berharap, nantinya bisa dijadikan acuan bagi petani setempat dalam menanam tanaman padi.

Alasan dipilihnya bibit tanaman padi jenis Inpari 30  karena dinilai memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan bibit tanaman padi lain. Untuk bibit Inpari 30 terbukti memiliki batang yang tegak dan warna gabah kuning bersih.

Keunggulan lainnya, beras dari bibit inpari 30 tersebut lebih pulen dibandingkan bibit lainnya.

"TNI memberikan dukungan tenaga, penanaman bibit, pemeliharaan, hingga panen. Hasil panen yang maksimal ini, diharapkan menjadi titik tolak ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Klungkung", ungkapnya.

Di samping itu untuk peningkatan ketahanan pangan dan mewujudkan swasembada pangan nasional, telah disanggupi TNI untuk diberdayakan ke masyarakat Indonesia.

Penanaman Demplot padi sawah wilayah Kodim 1610/Klungkung membuktikan bahwa ketahanan pangan di Indonesia dapat terwujud.

Menurut Letkol Kav Jacob Janes Patty, tugas tambahan yang diemban Prajurit TNI, bukan mengambil pekerjaan pemerintah, melainkan membantu pemerintah dan masyarakat petani, agar mampu mengaplikasikan swasembada pangan, seperti diamanahkan Presiden Ir. Joko Widodo. (Kodim 1610/Klungkung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar