Kamis, 13 September 2018

Delegasi Angkatan Darat Amerika Serikat Kunjungi Kodam IX/Udayana


Pendam IX/Udayana
Kamis, 23 September 2018

Kepala Staf Kodam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri, mewakili Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P, menerima kunjungan Angkatan Darat Amerika Serikat pada Rabu (12/9) di Makodam IX/Udayana. Kunjungan ini dalam kaitannya dengan kegiatan Army To Army Staff Talk 2018 yang kegiatannya dimulai dari tanggal 10 sampai dengan 14 September 2018 di Provinsi Bali.

Rombongan Delegasi Angkatan Darat Amerika Serikat, yang dipimpin oleh HQDA Deputy G2, Brigadier General Kevin Wulfhorst, didampingi oleh Kolonel Inf Hendy Antariksa, Paban V/Kermamil Staf Operasi Angkatan Darat,  tiba di Makodam IX/Udayana pada pukul 14.00 wita, diawali dengan menerima Jajar Kehormatan dari Regu Jaga Makodam IX/Udayana dan disambut oleh Kasdam IX/Udayana, beserta para pejabat Kodam IX/Udayana di Hall Makodam untuk selanjutnya didaulat menuju Ruang Sthana Yudha untuk mengikuti acara selanjutnya.

Pada kesempatan tersebut Kasdam IX/Udayana menyampaikan Peran Kodam IX/Udayana dalam penanggulangan Bencana Gempa Bumi di Lombok diawali dengan penyampaian latar belakang kenapa di Indonesia rawan terjadi bencana gempa,  Kasdam menjelaskan karena Indonesia berada dalam benturan tiga lempeng dunia yakni lempeng Indo-Australia dari selatan, Eurasia dari utara dan lempeng Pasifik dari timur yang selalu bergerak reaktif antara yang satu dengan yang lainnya mengakibatkan adanya aktivitas seismic/gempa di wilayah Indonesia.

Selanjutnya disampaikan juga tentang dampak yang ditimbulkan oleh gempa Lombok terkait dengan jumlah korban jiwa, luka-luka, kerusakan bangunan gedung perkantoran dan perumahan warga serta peran TNI dalam mekanisme penanganan dampak gempa dalam masa Tanggap Darurat mulai dari pendataan, evakuasi korban dan warga serta wisatawan baik asing maupun lokal, pengerahan sumber daya maupun tentang pendistribusian logistik dan pembersihan puing-puing bangunan.

Sampai pada masa peralihan status penanganan dampak gempa dari masa Tanggap Darurat memasuki masa Transisi yang ditandai juga dengan beralihnya pengendalian dari Satgas Tanggap Darurat kepada Kogasgabpad sesuai dengan instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2018, dengan tugas melaksanakan percepatan rehabilitasi dan rekontruksi pasca bencana gempa di lima kabupaten dan satu kota serta wilayah terdampak lainnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat, demikian papar Kasdam.

Sementara dari pihak Delegasi  Angkatan Darat Amerika Serikat memberikan apresiasi dan menyampaikan terimakasih atas penerimaan serta masukan terkait dengan penanganan dampak gempa bumi yang terjadi di Nusa Tenggara Barat.

Demikian kunjungan  Delegasi Angkatan Darat Amerika Serikat ke Kodam IX/Udayana berjalan dengan lancar diakhiri dengan pertukaran cindramata dan foto bersama. (Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar