Minggu, 21 Oktober 2018

Antisipasi Terjadinya Kebakaran Hutan, Kodim 1612/Manggarai Laksanakan Deteksi Dini


Pendam IX/Udayana
Minggu, 21 Oktober 2018

Upaya antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah teritorial Kabupaten Manggarai, Kodim 1612/Mgr  melakukan deteksi dini guna menjadi langkah meminimalisir bencana kebakaran.

Pendeteksian yang dilakukan oleh Dandim 1612/Mgr Letkol Inf Rudy M. Simangunsong, S. Sos dan staf jajaran menggunakan Aplikasi Lapan Fire Hotspot pemantau titik panas kebakaran terdapat beberapa titik api di wilayah Kabupaten Manggarai, Jum’at 19/10.

“Di lokasi ada beberapa titik api kesemuanya ada di Dusun Wora, Desa Ruis, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai.” ungkap Dandim.

Selanjutnya, sambung Dandim, untuk Danramil Reok, supaya wilayahnya dicek dan tindaklanjuti kemudian laporkan.

“Jika ada kebakaran segera padamkan, kerahkan babinsa untuk turun ke lokasi, jangan sampai menjalar lebih luas karena ini musim kemarau,” perintah Dandim kepada para Danramil apabila terdapat titik api diwilayah masing-masing.

Menindaklanjuti perintah Dandim, para Babinsa segera terjun ke lokasi dan melakukan pengecekan langsung di titik tersebut dan menemukan adanya kebakaran lahan.

Danramil 03/Reok Kapten Inf Totok Hariyanto melaporkan bahwa telah terjadi kebakaran lahan milik warga Dsn. Wora seluas 4 hektar di daerah Ruis, Reok.

“Pemilik sengaja membakar lahan untuk menanam jagung, Babinsa Serda Paulus Frids, Koptu Yustinus Tetelepta dan anggota lain bersama pemilik lahan dan masyarakat setempat berupaya memadamkan api, saat ini api yang masih menyalah sudah di padamkan oleh Babinsa dan warga hanya tersisa bekas kebakaran,” jelas Danramil Reok.

Kebakaran lahan dan hutan kemungkinan dapat saja terjadi sewaktu-waktu yang diakibatkan adanya unsur kesengajaan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan tidak disengaja. Kerawanan ini ditambah dengan banyaknya lahan gambut yang mengering disaat musim panas.

Bertindak sebelum terjadi bencana lebih baik dan lebih effisien dari pada bertindak setelah terjadi bencana, harapan Dandim 1612/Manggarai, juga dapat dijadikan sarana mensosialisasikan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat.

Danramil 03/Reok pada kesempatan yang sama menyampaikan kepada kepala desa dan tokoh masyarakat agar warganya dalam membuka lahan jangan  dengan cara membakar karena di musim kemarau ini bisa berdampak luas. Apabila membakar lahan untuk buka kebun harus memberitahu Babinsa Desa setempat guna mengantispasi kebakaran yang lebih luas, pinta Danramil. (Kodim 1612/Mgr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar