Selasa, 27 November 2018

Hindari Amuk Massa, Babinsa Penato'i Persuasif Amankan Pelaku Pembacokan


Pendam IX/Udayana
Selasa, 27 November 2018

Babinsa Penato'i Koramil 1608-01/Kota Serma Ismail berhasil mengamankan pelaku pembacokan berinisial RH di Kelurahan Penatoi Kecamatan Mpunda Kota Bima, pada Minggu (25/11).

Pelaku pembacokan yang terjadi pada Kamis (22/11) di Kelurahan Penatoi tersebut meyerahkan diri kepada Babinsa Desa Penato'i setelah dilakukan pendekatan dan penjelasan serta negosiasi secara persuasif oleh Babinsa kepada orang tua pelaku.

Dandim 1608/Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra disela-sela kesibukannya memberikan apresiasi kepada anggotanya Serma Ismail bersama satu orang rekannya.

"Ini prestasi luar biasa, ini sebagai bentuk keberhasilan pembinaan teritorial di desa. Tanpa melalui tindakan kekerasan, berhasil mengamankan pelaku yang dengan suka rela menyerahkan diri kepada Babinsa," ungkap Bambang.

Menurutnya, seorang Babinsa dengan berbekal kemampuan yang dimiliki harus mengetahui kondisi tentang wilayah desa binaannya baik dari aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan keamanan sehingga bisa mempermudah dalam memberikan pembinaan kepada masyarakat.

"Apabila ada permasalahan di Desa binaannya, agar diselesaikan secara kekeluargaan dan persuasif dengan cara-cara yang humanis," pungkasnya.

Setelah pelaku menyerahkan diri, pihak keluarga meminta kepada Babinsa untuk melindungi pelaku dari amarah keluarga keluarga. Untuk menjaga keselamatan pelaku, Serma Ismail bersama satu rekannya langsung menggiring pelaku ke Polres Bima Kota untuk menghindari amukan massa.  

Sekitar pukul 16.30 Wita, pelaku diserahkan kepada anggota Polres Bima Kota Ipda Dediansyah, SE., dalam kondisi sehat. Saat ini pelaku RH sudah berada di Polres Bima Kota untuk proses penyelidikan lebih lanjut. (Kodim 1608/Bima)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar