Kamis, 22 November 2018

Jelang Kejurnas Yongmoodo Kasad Cup 8 Tahun 2018, Kapendam Gelar Konferensi Pers


Pendam IX/Udayana
Kamis, 22 November 2018

H-2 perhelatan kejuaraan Nasional Yongmoodo Kasad Cup 8 tahun 2018 yang digelar di Bali, empat puluhan wartawan media cetak, elektronik dan online mengikuti konferensi pers yang digelar Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P, Kamis (22/11) di Aula Penerangan Kodam IX/Udayana.

Pada kesempatan tersebut dihadapan awak media Kapendam menjelaskan latar belakang sejarah olahraga seni bela diri Yongmoodo asal Korea Selatan ini masuk menjadi olahraga beladiri wajib Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat sejak tahun 2008 mengingat TNI sebagai garda terdepan dalam mempertahankan NKRI, seni bela diri Yongmoodo ini diharapkan dapat mewujudkan watak dan sifat patriotisme dengan mengandalkan ketepatan, kecepatan dan kekuatan dalam duel jarak dekat dengan tangan kosong, sehingga wajib dikuasai oleh anggota TNI Angkatan Darat.

Kemudian disampaikan juga bahwa TNI Angkatan Darat wajib mendukung program pemerintah salah satunya melalui Kejuaraan Nasional Bela Diri Militer Yongmoodo, TNI berkeinginan mengambil bagian dalam memasyarakatkan olehraga dan mengolahragakan masyarakat.

Sejalan dengan itu, pada tahun 2018 Kodam IX/Udayana mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan event Kejurnas Yongmoodo Kasad Cup 8 yang akan dimulai dari tanggal 24 sampai dengan 30 Nopember 2018 di Gor Praja Raksaka Kepaon, mengusung tema “Jago Bela Diri, Berjiwa Ksatria Dan berprestasi” dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan bela diri Yongmoodo di lingkungan TNI-AD yang jago bela diri dan memiliki fisik prima dengan sasaran untuk menjaring atlet bela diri yongmoodo yang berpotensi di lingkungan TNI-AD dan tersosialisasinya olag raga ini dikalangan masyarakat.

Selanjutnya Kapendam menyampaikan jumlah kontingen yang sudah mendaftar sampai pada H-2 sebanyak 42 kontingen, 21 dari kalangan Militer dan 21 dari kalangan Pengda Federasi Yongmoodo Indonesia (FYI) dengan menurunkan wasit 43 orang dari Kodam-Kodam, Kodiklat, Kostrad, Akmil, Federasi Yongmoodo Indonesia dan dari Disjasad, serta dengan jumlah atlet dan official secara keseluruhan 705 orang.

Adapun katagori yang dipertandingkan antara lain, katagori Perorangan Putra, Perorangan Putri, Beregu RTG dan Beregu Putra, dengan memperebutkan 85 medali, 32 medali untuk Perorangan Putra, 16 medali untuk Perorangan Putri, 9 medali untuk Beregu RTG dan 28 medali untuk Beregu Putra.

Ketentuan umum dalam pertandingan menggunakan ketentuan dan peraturan pertandingan Federasi Yongmoodo Indonesia dan Bujuknik BDM (Kep Kasad No: KEP/385/VI/2015) dengan sistem gugur, katagori kelas sesuai dengan timbangan berat badan dan masing-masing Kotama/Balakpus/Pengda hanya diperbolehkan mengikutkan 1 orang atlet pada tiap kelas dan atlet perorangan bisa ikut dalam kelas beregu. Demikian tutup Kapendam dalam Konferensi Pers yang digelar di Aula Pendam IX/Udayana. (Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar