Rabu, 21 November 2018

Sambut Hari Juang Kartika Tahun 2018, Kodim 1622/Alor Bersama Masyarakat Laksanakan Penghijauan


Pendam IX/Udayana
Rabu, 21 November 2018

Dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika Tahun 2018, Kodim 1622/Alor melaksanakan penghijauan di Desa Alila Timur, Kecamatan Kabola, Kabupaten Alor, Selasa (20/11/2018) yang dipimpin langsung oleh Kasdim 1622/Alor, Mayor Inf Ketut Sudiarta,SH., MH.

Dalam arahannya, Kasdim menyampaikan bahwa dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika Tahin 2018, Kodim 1622/Alor tidak hanya melaksanakan bakti penghijauan, ada juga kegiatan lainnya seperti bakti sosial donor darah, khitanan masal, pengobatan masal, bedah rumah, pemebrian tali asih kepada warakauri/veteran dan warga tidak mampu.

Hari ini kita melaksanakan penghijauan dengan tujuan untuk hijaukan lingkungan, hijaukan hutan dan untuk menjaga ekosisten lain yang akan hidup di dalamnya. Terutama lagi untuk menyediakan oksigen bagi makluk hidup.

“Tugas kita sekarang menjaga hutan tetap hijau. Menjaga agar hutan tidak ditembang maupun dirusak sembarangan sehingga kehidupan ekosistemnya tidak mengalami kepunahan, dan kita juga sebagai manusia tidak kekurangan sumber air”, kata Kasdim.

Kasdim juga mengingatkan, sebagai pemuda harus punya tanggungjawab terhadap keberlangsungan lingkungan hidup, keberadaan hutan harus tetap dijaga oleh pemuda masa sekarang sebagai generasi penerus. Hari ini kita akan tanam bibit kelapa, mangrove dan juga moringa (marungga).

“Adik-adik pemuda harus punya kepedulian, harus punya tanggungjawab moril untuk merawat dan menjaga hutan tetap lestari. Hutannya lestari maka semua yang bergantung dengan kebwradaan hutan pasti hidup baik,” pesan Kasdim.

Kepada para Babinsa, agar selalu memberikan informasi terus menerus kepada masyarakat untuk turut peduli dalam menjaga dan melindungi keberadaan hutan sekitarnya.

“Ingatkan masyarakat, budayakan tanam ganti 10 pohon setelah menebang satu pohon. Ini akan menjadi luar biasa dalam beberapa tahun kedepannya. Babinsa turut berperan disana, jangan ikut dalam tindakan pengrusakan hutan”, tegas Kasdim.

Ditambahkan Kasdim, kegiatan ini juga untuk terus mempererat hubungan kemanunggalan TNI-Rakyat yang selama ini terjalin, serta sebagai wujud pengabdian TNI kepada rakyat sesuai tema “TNI AD Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat”, tambahnya.

Kegiatan penghijauan dihadiri oleh Kasdim Pasiopdim 1622/Alor Kapten inf Sumardi, Pasilodim 1622/Alor Letda Inf Doris Banik, para Bintara Staf dan anggota Babinsa Koramil jajaran, maayarakat Desa Alila Timur, pemuda masjid Alila serta pemuda gereja GMIT Fuilaana Lawahing. (Kodim 1622/Alor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar