Rabu, 14 November 2018

Sasaran Fisik Maupun Non Fisik Kelar, TMMD ke 103 Kodim 1623/Karangasem Resmi Ditutup


Pendam IX/Udayana
Rabu, 14 November 2018

Kegiatan Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 103 Kodim 1623/Karangasem resmi ditutup, Selasa (13/11) oleh Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh A.M. Suharyadi, S.I.P., M.Si., bertempat di Lapangan Umum Dusun Guminten, Sidemen, Karangasem.

Pada kesempatan tersebut Danrem 163/Wira Satya membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD Ke 103 tersebut.

Dalam amanatnya Kasad mengatakan bahwa di setiap kegiatan TMMD yang sudah berlangsung selama 30 hari ini, Kasad menyaksikan semangat kebersamaan serta gotong royong yang terpancar di setiap wajah sekaligus cucuran keringat masyarakat dan aparat yang bersama-sama bekerja di lapangan.

Hal ini menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa yang memiliki visi, misi dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan pembangunan serta problematika kesejahteraan masyarakat.

Menurut Kasad, semangat kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara.

Berlatar belakang pelaksanaan TMMD Ke 103 Tahun Anggaran 2018 telah berjalan baik, aman dan lancar, maka Kasad selaku PJO TMMD  menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para Gubernur, Bupati, Walikota, Instansi Kementerian terkait dan khususnya kepada seluruh masyarakat, yang telah bahu-membahu bersama Prajurit TNI mewujudkan pembangunan daerah yang menjadi sasaran pelaksanaan TMMD Ke 103 ini.

Pada kesempatan kali ini Kasad juga mengatakan dengan pelaksanaan TMMD merupakan momentum untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong serta memantapkan terkait imunitas bangsa yang pada dasarnya merupakan wujud kepedulian dan keprihatinan TNI AD dalam memandang persoalan sosial yang berakar dari perubahan sikap hidup dan pudarnya nilai-nilai luhur budaya bangsa, seperti semangat untuk bersatu, mrnghormati perbedaan, pantang menyerah dan rela berkorban.

Sementara itu Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Benny Rahadian, S.E., selaku Dansatgas TMMD Ke 103 tersebut dalam pembacaan laporannya menyampaikan semua sasaran baik yang bersifat fisik dan non fisik telah selesai 100 prosen.

Sasaran fisik yang dimaksud yaitu sasaran pokok pembuatan jalan sepanjang 3000 meter dengan lebar 7 meter, kemudian ada sasaran tambaham berupa rehabilitasi rumah warga tidak mampu I Ketut Merta Jengki serta perbaikan sarana olahraga lapangan volley.

Kegiatan non fisik berupa lomba, penyuluhan dan hiburan rakyat juga terlaksana dengan lancar.

Dengan kelarnya seluruh sasaran TMMD Ke 103 maka hasil-hasilnya juga diserahkan kepada pihak Pemerintah Kabupaten Karangasem dalam hal ini kepada Bupati yang diwakili oleh Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, S.H., M.H..

Ketika diminta tanggapannya terkait pelaksanaan TMMD Ke 103 Kodim 1623/Karangasem, Wakil Bupati mengapresiasi kerjasama antara Pemkab dengan Kodim Karangasem yang berjalan baik dan lancar.

"Kali ini kita bekerjasama untuk membangunkan infrastruktur jalan bagi masyarakat Dusun Guminten, Desa Sidemen, Karangasem", ungkap Wakil Bupati.

Menurutnya, pembangunan jalan ini baru awal, yang nantinya melalui anggaran pendapatan belanja daerah atau APBD akan ditingkatkan dalam wujud pengerasan dan yang lainnya, sehingga nantinya akses jalan ini bisa dinikmati dengan baik dan nyaman oleh masyarakat.

Wakil Bupati juga mengatakan ke depan tetap siap untuk bekerja sama dengan TNI dalam hal ini Kodim 1623/Karangasem melaksanakan program TMMD selanjutnya.

Sejumlah undangan lainnya baik sipil maupun militer hadir pada kegiatan penutupan TMMD Ke 103 Kodim 1623/Karangasem, antara lain Ketua DPRD Karangasem I Nengah Sumardi, S.H.,M.Si., dengan beberapa anggota, Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf I Kadek Subawa, S.sos., Kapolres Karangasem I Gusti Agung Ade Panji Anom, S.I.K., Perwakilan Balak Aju Kodam. Hadir juga unsur OPD Karangasem, Camat Sidemen, Kepala Desa Sidemen, tokoh masyarakat, adat, pemuda serta para pelajar. (Penrem 163/WSA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar