Jumat, 16 November 2018

Tim Wasev Kodam IX/Udayana Tinjau Cetak Sawah di Kabupaten Alor


Pendam IX/Udayana
Jumat, 16 November 2018

Dandim 1622/Alor Letnan Kolonel Inf Daniel Budi Marwanto,SE diwakili oleh Kepala Staf Kodim, Mayor Inf Ketut Sudiarta, SH,.MH menyambut dan mendampingi Kolonel Inf Pranito Dwinarwan selaku Ketua Tim Wasev Kodam IX/Udayana dan anggota Kolonel Arh Supyan MT, Letkol Kav I Nyoman Salindra, Serka (K) Luh Ayu Sintami, Sertu Made Bayu Putra Rai, melakukan peninjauan Cetak Sawah dengan terjun langsung ke lokasi di Desa Tanglapui, Kabupaten Alor, Kamis (15/11).

Rangkaian kegiatan Tim Wasev saat tiba di Bandara Mali Alor langsung menuju ke Desa Tanglapui di mulai dengan melakukan pengecekan lokasi cetak sawah seluas 100 H dilanjutkan dengan tanam padi simbolis, tatap muka dan dialog bersama para Poktan, dihadiri oleh Danramil 1622-03/Maritaing Kapten Inf Fahrudin, Pasi Inteldim 1622/Alor Lettu Inf Panuel Tangledang, Pasi Ter Lettu Inf Samuel Ulle, Sekretaris Dinas Pertanian Kab. Alor Ridwan Iho, Sos, Kabid PSP Yapi Hinglir, S.P, Babinsa Desa Tanglapui Sertu Domingos Araujo, dan Ketua Poktan beserta Anggota.

Dalam kesempatan ini Ketua Tim wasev, Kolonel Inf Pranito Dwinarwan mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Desa Tanglapui yang mana sangat antusias dan semangat dalam kegiatan ini. Diharapkan masyarakat supaya memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah dan fasilitas tersebut agar di manfaatkan, di rawat dan di jaga. Kegiatan ini merupakan komitmen pemerintah dalam mewujudkan dan meningkatkan ketahanan Pangan.

Disampaikannya, PPL dan Babinsa agar bisa memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara mengolah lahan kosong agar lebih bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, dengan melakukan koordinasi dan kerja sama antara pemerintah dan Poktan untuk memajukan lahan pertanian yang masih kosong.

“Budayakan menjadi warga masyarakat yang tidak malas dalam bekerja, berusaha untuk menjadi lebih maju. Dan sedapat mungkin melakukan pemanenan di lahan ini minimal sekali dalam setahun”, himbau Kolonel Pranito.

Ditambahkannya, Kodim 1622/Alor dan Pemerintah Daerah akan melakukan bantuan peminjaman alat pertanian seperti traktor dan lain-lain. Memberikan bantuan berupa pupuk, bibit dan bahan obat-obatan untuk mendukung kemajuan lahan pertanian, tambah Kolonel Inf Pranito Dwinarwan.

Lanjut disampaikan Kolonel Inf Pranito Dwinarwan, untuk kendala di lokasi agar disampaikan kepada Babinsa untuk menyampaikannya ke Dinas Pertanian Kab. Alor dan ditidaklanjuti, sehingga program ini sesuai dengan yang diharapkan.

Program ini adalah program pemerintah pusat saat ini untuk percepatan proses cetak sawah, memperluas areal tanam dan menambah buka lahan pertanian yang melibatkan TNI-AD dalam hal ini para Babinsa, paparnya. (Kodim 1622/Alor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar