Kamis, 31 Januari 2019

Wujud Kemanunggalan TNI Bersama Rakyat, Koramil Satar Mese Gandeng Warga Bersihkan Saluran Irigasi


Pendam IX/Udayana
Kamis, 31 Januari 2019

Anggota Koramil 1612-7/Satar Mese dengan pimpinan Plh. Danramil 1612-7/Satar Mese Pelda Fernando Mendonca bersama masyarakat Poktan (Kelompok Tani) Desa Wewo melaksanakan kerja bhakti pembersihan saluran irigasi tersier sepanjang 4 km yang berada di Dusun Pong Kulung, Desa Wewo, Kecamatan Satar Mese Kabupaten Manggarai, Rabu (30/1).

Dalam kegiatan ini para anggota TNI, Koramil 07/Satar Mese bersinergi dengan Polsek dan Pemerintah Kecamatan serta PPL Satar Mese. Tampak hadir dalam karya bhakti tersebut antara lain Kapolsek dan Camat Satar Mese. Hal tersebut menunjukkan hubungan serta sinergitas sangat baik yang selama ini dilakukan oleh seluruh anggota Koramil Satar Mese.

Saluran irigasi sangat berperan penting bagi para petani karena para petani dapat memanfaatkan air dari saluran irigasi untuk mengairi lahan pertanian pada saat yang diperlukan. Selain itu di musim penghujan seperti saat ini dapat menjadi drainase terbaik untuk mengurangi resiko banjir.

Pembersihan saluran irigasi ini juga merupakan salah satu wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat sekaligus upaya khusus dalam bidang pertanian guna meningkatkan swasembada pangan di daerah tersebut.

Saluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air pertanian harus terus dijaga kelancarannya, sehingga sektor pertanian mampu menghasilkan hasil panen yang baik untuk mendongkrak kesejahteraan para petani.

"Optimalisasi irigasi erat hubungannya dengan keberhasilan dalam pertanian, perawatan saluran irigasi ini semoga mampu menunjang masa tanam padi periode ini," ucap Sertu Tashil. (Kodim 1612/Manggarai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar