Selasa, 19 Februari 2019

Satgas Pamtas Yonif Raider 408/Sbh Gagalkan Upaya Penyelundupan BBM Ilegal


Pendam IX/Udayana
Selasa, 19 Februari 2019

Belu - Anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 408/Sbh kembali berhasil menggagalkan penyelundupan ratusan liter Bahan Bakar minyak (BBM) di wilayah perbatasan. Anggota Satgas dari Pos Nunura menggagalkan penyelundupan BBM tersebut melalui Jalan Tikus, di Desa Tohe, Kecamatan Haekesak, Kabupaten Belu, pada Minggu (17/2/2019).

BBM yang berhasil digagalkan oleh anggota Satgas Pos Nunura sebanyak 660 liter dengan rincian 560 liter minyak tanah dan 100 liter solar.

Upaya penggagalan penyelundupan BBM tersebut bermula ketika Koptu Zaenal Tenaga Kesehatan Pos Nunura sedang mengobati Bapak Paul mendapatkan informasi dari Masyarakat saat pulang dari kebun berpapasan dengan 2 orang laki-laki sedang membawa jerigen yang diduga berisi minyak.

Setelah mendapat informasi tersebut maka Koptu Zaenal secara Hirarki melaporkan kepada Danpos Nunura Letda Inf M. Nur Rosidi. Setelah itu Danpos Nunura memberikan perintah kepada 5 anggota Pos Nunura dipimpin oleh Wadanpos Nunura Sertu Bangun Ahad agar melaksanakan patroli keamanan menyisir sepanjang sungai perbatasan RI-RDTL.

Pada saat melaksanakan patroli, Pratu Joko Putro yang tergabung tim patroli melihat sebuah timbunan ditutupi dahan-dahan pohon yang mencurigakan di kebun warga yang berada di dekat sungai.  Setelah dilaksanakan pengecekan, ditemukan 660 liter BBM yang di kemas dalam 20 jerigen BBM berukuran besar dan 12 jerigen BBM berukuran kecil yang diduga akan diselundupkan ke Timor Leste.

BBM-BBM tersebut diletakkan dan disembunyikan dalam rimbunan alang-alang serta ditutupi terpal plastik dan patahan ranting. Kemudian  barang bukti tersebut dibawa dan diamankan ke pos Nunura.

Dansatgas Yonif Raider 408/Sbh Mayor Inf Joni Eko menyampaikan bahwa ia selalu memerintahkan kepada jajaran yang ada di pos-pos perbatasan agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan diwilayah perbatasan sehingga bisa meminimalisir bahkan menghentikan kegiatan ilegal khususnya penyelundupan.

Dirinya juga memerintahkan kepada seluruh jajarannya agar terus memperketat pengawasan di jalan-jalan tikus yang kerap dijadikan jalur alternatif untuk menyelundupkan BBM.

"Saya selalu menyampaikan kepada pos-pos perbatasan yang berada di jajaran saya untuk terus meningkatkan pengamanan di perbatasan serta mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat sehingga tugas dapat berjalan dengan baik," ungkap Mayor Joni. (Satgas Pamtas RI-RDTL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar