Selasa, 05 Maret 2019

Dansatgas TMMD Kodim 1612/Manggarai Tinjau Lokasi Pembukaan Jalan


Pendam IX/Udayana
Selasa, 5 Maret 2019

Manggarai - Sulitnya Akses jalan ke Lokasi TMMD 104 Kodim 1612/Manggarai di Desa Watu Baur, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai penuh dengan rintangan tergolong ekstrim seperti lewati dataran rendah, perbukitan, jalan tanah berlubang dan berlumpur hingga sungai.

Perjuangan itu dirasakan sendiri oleh Dansatgas TMMD ke-104 Kodim 1612/Manggarai Letkol Inf Rudy M. Simangunsong, S.Sos, yang juga menjabat Dandim 1612/Manggarai, saat meninjau lokasi pembukaan jalan yang menghubungkan antara Desa Watu Baur dan Desa Rura, pada Sabtu (2/3).

"Yang saya rasakan saat ini adalah sudah dirasakan bertahun-tahun oleh masyarakat Desa Watu Baur dan Desa Rura Kecamatan Reok, dulunya ini adalah jalan setapak yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan apapun," ungkap Dansatgas TMMD.

Apabila ada warga Kampung Lada yang cukup terisolir akan menuju ke Desa Watu Baur dengan rute jalan umum yang selama ini warga lalui, membutuhkan waktu hampir 1 jam perjalan menggunakan kendaraan bermotor.

Namun, apabila jalan yang baru dibuka tersebut selesai dikerjakan, maka warga Kampung Lada hanya membutuhkan waktu sekitar 15 sampai dengan 20 menit saja untuk bisa ke Desa Watu Baur.

Dengan adanya Program TMMD Kodim 1612/Manggarai bersama dengan pemerintah Kabupaten Manggarai, bersinergi untuk menyelesaikan jalan tersebut agar dapat mudah diakses dan dilalui.

Kepala Desa Watu Baur, Albinus Lambo mengatakan, dulu warganya sangat kesulitan untuk menuju Desa Rura, warga harus berputar melewati jalan lama, kalaupun harus lewat jalan setapak yang saat ini dibuka oleh TNI, maka warga harus berjalan kaki. Setelah ada program pemerintah dan TNI membuka jalan tersebut kini warga tidak lagi merasa kesulitan.

"Yang terpenting didahulukan adalah jalan, sebab jalan ini merupakan bagian dari usaha tani kami, jalan di desa sangat penting dan juga salah satu faktor utama untuk memajukan perekonomian warga kami," imbuhnya. (Kodim 1612/Manggarai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar