Rabu, 24 April 2019

Antisipasi Debit Air Menurun, Kodim 1607/Sumbawa Bantu Petani Pasang Pipa Air


Pendam IX/Udayana
Rabu, 24 April 2019

Sumbawa - Untuk mengantisipasi datangnya musim kemarau, para petani melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan air sawahnya, salah satunya dengan cara membangun saluran pipa air seperti yang dilakukan oleh para petani Desa Labangka dan Desa Suka Damai Kecamatan Labangka bersama anggota Koramil  1607-02/Empang Kabupaten Sumbawa, Selasa (23/4).

Salah seorang warga Desa Suka Damai yang bernama Muhsinin (50) dilokasi menyampaikan bahwa selama ini warga hanya mengandalkan pertanian untuk menghidupi keluarga, namun pada saat musim kemarau, para petani kesulitan mengolah lahannya karena kekurangan air. 

"Semoga dengan pipanisasi ini menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi kekurangan air yang dialami petani setiap tahunnya," ungkap Muhsinin. 

Menurutnya, pembangunan saluran pipa air tersebut merupakan swadaya masyarakat yang secara sukarela mengumpulkan dana untuk membeli mesin sedot air dengan pipa ukuran 4 inci sepanjang 1,3 km dan apabila ini berhasil maka rencana kedepan akan menambah jumlah mesin sedot airnya.

"Alhamdulillah keterlibatan bapak-bapak Tentara untuk membantu kami memasang saluran pipa ini dapat meringankan pekerjaan dan beban yang selama ini kami rasakan bersama seluruh petani yang ada di Desa Suka Damai maupun Desa Labangka," tutupnya.

Sementara Danramil 1607-02/Empang Kapten Inf I Wayan Suledra yang berada dilokasi menyampaikan ia bersama anggotanya bahu membahu bergotong royong bersama masyarakat membangun saluran pipa air sepanjang 1,3 Km untuk memenuhi kebutuhan air bagi para petani yang selama ini kesulitan mengolah lahan pertaniannya pada musim kemarau.

"Masyarakat sangat membutuhkan mesin penyedot air dan dan pipa saluran air ini untuk memenuhi kebutuhan air lahan tadah hujan sekitar 80 Ha yang selama ini tidak produktif dimusim kemarau", ujar Danramil.

Kita berharap, semoga dengan terpasangnya pipa saluran air ini, masyarakat khususnya para petani dapat mengolah lahannya secara produktif pada musim kemarau sehingga program swasembada pangan dapat tercapai. 

Terpisah, Dandim 1607/Sumbawa Letkol Inf Samsul Huda, SE. M.Sc., mengatakan bahwa lahan pertanian di wilayah Kabupaten Sumbawa sangat subur, namun sangat disayangkan banyak lahan hanya bisa ditanami  pada musim hujan.

"Banyak masyarakat kita yang hanya bergantung dari hasil pertanian. Oleh karena itu, ini menjadi perhatian kita bersama untuk membantu memberikan solusi bagi para petani sehingga pada saat musim kemaraupun mereka tetap bisa menanam," papar Dandim.

Terkait dengan pembangunan pipa saluran air dari swadaya masyarakat, menurutnya, itu sangat luar biasa. Untuk itu, lanjut Alumni Akmil 2000 tersebut, sebagai satuan kewilayahan merasa terpanggil untuk membantu mencarikan solusi mengatasi kesulitan yang dihadapi para petani.

"Alhamdulillah sudah solusi yang tepat dan semoga saja air sungainya tetap mengalir sehingga pemasangan pipa tersebut betul-betul bermanfaat bagi masyarakat," pungkasnya. (Kodim 1607/Sumbawa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar