Selasa, 27 Agustus 2019

Danrem 161/Wira Sakti terima Kunjungan LPPM Universitas Pertahanan


Pendam IX/Udayana
Selasa, 27 Agustus 2019

Kupang - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)  Universitas Pertahanan melaksanakan kunjungan ke Wilayah Korem 161/Wira Sakti dalam rangka melaksanakan penelitian sebagai bentuk realisasi dari Tridharma Perguruan Tinggi.

Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Syaiful Rahman, S. Sos menerima Tim LPPM Universitas Pertahanan, Senin (26/08/2019) di Loby Makorem 161/Wira Sakti. Danrem menyampaikan selamat datang kepada Tim LPPM Universitas Pertahanan.

"Selamat datang Tim LPPM Universitas Pertahanan di Makorem 161/Wira Sakti dalam rangka melaksanakan penelitian," ungkap Danrem 161/Wira Sakti.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Danrem 161/Wira Sakti secara umum tentang Tugas Pokok Korem 161/Wira Sakti.

"Korem 161/Wira Sakti mempunyai tiga tugas pokok yaitu sebagai Satuan Komando Kewilayahan, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-RDTL dan Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar,  dan dalam pelaksanaan tugas tersebut selalu bersinergi dengan Unsur Pemerintah Daerah beserta seluruh komponen masyarakat di Provinsi NTT,"  jelas Danrem 161/Wira Sakti.

Lebih lanjut, dalam kaitan dengan penelitian ini, dijelaskan garis besar pelaksanaan Pengamanan Perbatasan RI-RDTL.

"Korem 161/Wira Sakti sebagai Komando Pelaksana Operasi Pengamanan Perbatasan RI-RDTL selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan unsur pemerintah daerah dan unsur terkait lainnya. Satgas yang ada di perbatasan yaitu Sektor Timur dan Sektor Barat serta Satgas Teritorial," jelas Danrem 161/Wira Sakti.

Dalam penelitian ini, LPPM Universitas Pertahanan menggunakan metode wawancara, kuisiomer dan studi dokumen.

Sedangkan tujuannya adalah memperoleh data awal tentang pengelolaan Pengamanan Perbatasan RI-RDTL dalam meningkatkan sistem pertahanan negara dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kabupaten Belu.

Adapun tempat penelitian adalah di Makorem 161/Wira Sakti, Kantor Gubernur NTT, Universitas Nusa Cendana, Kodim 1604/Kupang, Kodim 1605/Belu, Kantor Bupati Belu, Kodim 1618/TTU, Kantor Bupati TTU dan Satgas Pamtas RI RDTL.

Sebagai Narasumber dalam penelitian yang rencana akan dilaksanakan selama beberapa hari kedepan ini adalah Gubernur NTT, Danrem 161/Wira Sakti, Kepala Badan Pengelola Perbatasan dan Masyarakat Pemprov NTT, Kepala Dinas Statistik Pemprov NTT,  Dekan Fisip Universitas Nusa Cendana Kupang dan beberapa pejabat lain yang terkait dengan Perbatasan RI-RDTL.

Tim Peneliti adalah Brigjen TNI Agus Winarna, S.I.P.,M.Tr (Han), Kol Arm Ridwan Gunawan, S.I.P.,M.Han dan Letkol Inf Dr. Triyoga Budi Prasetyo, M.Si.

Hadir menyambut Tim LPPM Universitas Pertahanan di Makorem 161/Wira Sakti ini adalah Danlantamal VII/Kupang, Yang mewakili Danlanud El Tari Kupang, Kasrem 161/Wira Sakti, Dandim 1604/Kupang dan Para Kasi Korem 161/Wira Sakti. (penrem161ws)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar