Rabu, 14 Agustus 2019

Kebakaran Hutan di Gunung Batukaru, Aparat Bersama Masyarakat Mendaki Padamkan Api


Pendam IX/Udayana
Rabu, 14 Agustus 2019

Tabanan - Aparat Babinsa Desa Wongaya Gede Koramil 1619-08/Penebel Tabanan Sertu I Gede Putu Suparta Wijaya  bersama Bhabinkamtibmas Aiptu I Wayan Mediastra bersama warga masyarakat Wangaya Gede, Penebel, Tabanan melaksanakan pendakian Gunung Batukaru  untuk memadamkan api pada Senin (12/08) malam.

Sertu I Gede Putu Suparta menuturkan kebakaran hutan di lereng Gunung Batukaru diketahui sekitar pukul 22.00 Wita oleh warga dan selanjutnya berita menyebar di masyarakat dan Babinsa bersama Babinkamtibmas dan Aparat Desa Wangaya Gede mengambil tindakan dengan mengumpulkan masyarakat di areal Parkir Pura Luhur Batukaru.

Setelah berkoordinasi dengan aparat dan masyarakat setempat selanjutnya diadakan pemberangkatan ke Puncak Kedaton dengan jumlah sekitar 50 orang untuk upaya pemadaman.

Kemudian pada hari Selasa 13 Agustus 2019, Pukul 03.00 Wita rombongan sampai di lokasi kebakaran yang berada di Puncak dan saat itu langsung diadakan upaya pemadaman kobaran api.

Usaha aparat dan masyarakat berhasil untuk mengurangi kobaran api  dan berangsur padam namun bara api masih menyala dan angin di atas puncak sangat kencang sehingga bara api susah dimatikan. Terlebih posisi kebakaran di perengan timur Pura  Kedaton yang sangat terjal menyulitkan tim untuk memadamkan api karena akar paku sangat tebal sehingga api masuk ke dalam.

Upaya pemadaman di lokasi kebakaran di puncak Gunung Batukaru selesai pukul 05.00 Wita, dilanjutkan dengan perjalanan turun gunung karena situasi yang sangat dingin dan angin kencang tim baru tiba  di Pujungan Kecamatan Pupuan pukul 07.30 Wita.

"Syukurlah api segera padam sehingga tidak merembet dan meluas, itu berkat seijin Tuhan Yang Maha Esa dan keterlibatan seluruh warga dan relawan", cerita Suparta.

Sementara Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto  yang ingin mengetahui secara langsung lokasi kejadian tersebut langsung mendaki Gunung Batukaru untuk meninjau lokasi kebakaran pada hari Selasa (13/08) pagi bersama anggota dan masyarakat setempat kemudian disusul tim dari Polres Tabanan dan BPBD Kabupaten Tabanan.

"Sebab-sebab kebakaran belum diketahui, upaya pemadaman tadi malam selain dari Jalur Wangaya Gede juga dilaksanakan oleh warga dan relawan Desa Pujungan dari jalur Pujungan Kecamatan Pupuan.

"Api sudah padam tinggal bara-bara kecil yang perlu dituntaskan" tegas Dandim dari lokasi Kebakaran. (Kodim 1619/Tabanan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar