Jumat, 20 September 2019

Berdayakan Sumber Daya Wilayah Darat, Korem 162/WB Berikan Sosialisasi RTRW Pertahanan


Pendam IX/Udayana
Jumat, 20 September 2019

Mataram - Korem 162/WB menyelenggarakan sosialisasi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Pertahanan yang diikuti gabungan personel Korem dan Kodim se Pulau Lombok di Aula Jenderal Sudirman Makorem 162/WB, Jalan Lingkar Selatan Nomor 162, Mataram, Kamis (19/9).

Dalam pelaksanaannya, Korem 162/WB menggandeng badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda) Provinsi NTB sebagai narasumber.

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., dalam sambutannya yang dibacakan Kasiter Korem 162/WB Letnan Kolonel Arh Budiono menyampaikan kegiatan tersebut dilakukan untuk menciptakan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan di darat yang serasi, selaras dan terpadu dengan rencana tata ruang wilayah Provinsi/ Kabupaten dan Kota.

Dijelaskannya, Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, TNI AD merupakan komponen utama kekuatan pertahanan negara di darat yang memiliki tugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan didarat dengan menyiapkan semua potensi dan sumber daya yang ada secara dini, berkualitas dan efektif untuk kepentingan pertahanan negara didarat.

Pembinaan RTRW pertahanan dapat dilakukan dalam wujud pembinaan teritorial dengan memberikan atensi khusus terhadap potensi geografi, demografi dan kondisi sosial wilayah sebagai ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kekuatan wilayah kedepan dalam menghadapi setiap ancaman dan gangguan terhadap kedaulatan NKRI.

Usai memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan sosialisasi RTRW pertahanan wilayah terkait dengan Culture Jenis tanah, bencana alam, curah hujan, daerah tempur dan lainnya. (Penrem 162/WB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar