Sabtu, 14 September 2019

Kodam IX/Udayana Gelar Komsos Kreatif Lomba Tari dan Melukis Tingkat SLTP/SLTA serta Komunitas Seni Tari se-Bali


Pendam IX/Udayana
Sabtu, 14 September 2019

Denpasar - Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan salah satu metode Binter dalam rangka memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi tentang pemberdayaan wilayah pertahanan kepada segenap komponen bangsa, sehingga terwujud Kemanunggalan TNl-Rakyat dan meningkatnya partisipasi komponen bangsa di bidang pertahanan negara.

Demikian sambutan Pangdam IX/Udayana yang dibacakan oleh Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Jemz A. Ratu Edo saat membuka acara Komsos Kreatif Kodam IX/Udayana TA 2019 berupa Lomba Tari Kreasi/Inovasi dan Lomba Melukis yang diikuti oleh para Pelajar SLTP dan SLTA, serta Sanggar Seni Tari dan Komunitas Seni Tari se-Bali, pada Jumat (13/9) bertempat di Wantilan Museum Bali dan Panggung Selatan Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung (Lap. Puputan Badung), Denpasar.

Komsos Kreatif kali ini yang mengusung tema “Melalui Kegiatan Komsos Kreatif, Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara serta Menjaga dan Mempertahankan Kedaulatan NKRI” bertujuan untuk menjalin Komunikasi Sosial yang sehat dan harmonis melalui perlombaan-perlombaan untuk meningkatkan silaturahmi antara Prajurit Kodam IX/Udayana dengan segenap Komponen Masyarakat.

Pangdam menambahkan, bahwa penyelenggaraan kegiatan Komsos Kreatif yang merupakan salah satu metode Binter dalam bentuk baru dan mampu menciptakan pesan baru melalui pesan gerak tari dan seni melukis.

Makna pesan yang disampaikan melalui konstruksi Komsos Kreatif atau melalui berbagai media yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi wilayah serta memanfaatkan potensi kearifan lokal yang dimiliki daerah, juga diarahkan pada terwujudnya Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh dalam rangka pertahanan negara aspek darat.

Pangdam berharap, dari kegiatan Komsos Kreatif ini semoga dapat bermanfaat untuk menumbuhkembangkan, mengasah dan mengelola kreativitas anak Indonesia yang berkualitas melalui keterampilan seni tari dan melukis.

“Selain itu, lomba yang digelar ini dapat menjadi inspirasi bagi instansi atau organisasi kemasyarakatan lainnya untuk melakukan kegiatan atau hal serupa, sehingga kedepan tercipta generasi baru Indonesia yang memiliki jiwa cinta tanah air serta mampu mengangkat harkat, martabat dan kejayaan bangsa di kancah nasional maupun dunia”, demikian harapan Pangdam dalam sambutannya.

Hasil akhir dari kegiatan Komsos Kreatif Kodam IX/Udayana TA 2019 yaitu  untuk Lomba Melukis, juara I diraih Putu Agus Prema Myliakusuma dari SMAN 1 Blahbatuh Gianyar, kedua I Gst  Md Sathadarmawan (SMAN 4 Denpasar), dan ketiga Ni Komang Sri Mahyoniariasih (SMPN 3 Denpasar), serta juara favorit a.n. Md Agus Hadidinanta  M (SMP N 1 Gianyar). Selanjutnya pada Lomba Seni Tari : juara 1 dari Sanggar Seni Manik Metu, juara 2 Sanggar WS Dancer, juara 3 Komunitas Seni Tari HATI, dan juara favorit diraih Ganapati Art Production.

Hadir dalam kegiatan tersebut Waasrendam IX/Udy, para Waas Kasdam IX/Udy, para Waka Balakdam IX/Udy, Kabag Pertamanan Pemkot Denpasar, Pengurus Persit KCK PD IX/Udy, Para Dewan Juri dari ISI Denpasar dan Pemerhati Seni Bali, para Direksi : Indomart Cab. Bali, Tiara Dewata, Coca-Cola Bali, BNI Denpasar, Barisan Anak Kolonk Udayana (Barakuda), dan FPPU (Forum Putra Putri Udayana), serta masyarakat Kota Denpasar. (Pendam IX/Udy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar