Rabu, 11 September 2019

Komsos Kreatif Kodim Tabanan Gelar Lomba Lukis Tingkat SMA/SMK Se Kabupaten Tabanan


Pendam IX/Udayana
Kamis, 12 September 2019

Tabanan - Dalam rangka memelihara dan meningkatkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara serta menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI, berbagai upaya dan cara dilakukan TNI AD bersama jajarannya untuk membina komponen bangsa termasuk generasi mudanya.

Dalam konteks TNI AD salah satu fungsi utama yang dilaksanakan yaitu melalui pembinaan teritorial atau Binter yang didalamnya ada komunikasi sosial atau Komsos.

Seiring dinamikanya, Komsos yang dilakukan TNI AD dengan berbagai komponen bangsa semakin berkembang terus dan selalu dilaksanakan dengan berbagai bentuk yang menarik yang kemudian dilaksanakan dengan program komunikasi sosial kreatif atau Komsos Kreatif.

Seperti halnya yang dilakukan Kodim 1619/Tabanan dengan menggelar kegiatan Komsos Kreatif lomba melukis tingkat SMA/SMK Se Kabupaten Tabanan pada Selasa (10/09), dengan mengambil tema "Melalui Kegiatan  Komsos kreatif, Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara serta Menjaga dan Mempertahankan Kedaulatan NKRI".

Dalam sambutannya Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto yang dibacakan oleh Kasdim Mayor Inf I Dewa Putu Oka menyampaikan bahwa Kodim 1619/Tabanan sebagai Satuan Komando Kewilayahan  mengemban tugas melaksanakan Binter sebagai fungsi utama TNI AD yang dalam pelaksanaannya menyiapkan ruang, alat dan kondisi (RAK) juang yang tangguh. Dalam melaksanakan Binter TNI AD tersebut  menggunakan tiga metode yaitu metode Komunikasi Sosial (Komsos), Pembinaan Perlawanan Wilayah (Binwanwil) dan Bhakti TNI.

"Komsos salah satu metode Binter yang paling efektif untuk menyampaikan berbagai hal berkaitan dengan tugas, peran, fungsi, visi dan misi serta kebijakan TNI AD", ungkap Mayor Dewa.

Lanjutnya, lomba melukis inilah sebagai salah satu sarana yang kita pandang sangat efektif untuk mewadahi bakat-bakat generasi muda utamanya bakat seni lukis.

Sementara itu Pelaksana Tugas Sementara (Pgs) Pasiter Kodim 1619/Tabanan Kapten Inf Wongso menjelaskan, mekanisme pelaksanaan lomba lukis tersebut melalui seleksi dan penilaian secara ketat dengan kriteria yang ditentukan oleh Tim Juri dan panitia.

Setelah dilakukan penilaian maka diperoleh juara-juara diantaranya, Juara Satu I Kadek Chan Aradea dari SMK BIWI Tabanan membawa pulang uang pembinaan sebesar Rp.1.100.000 dan piagam penghargaan. Juara Dua I Gst Arya Mahendra dari SMA Negeri I Tabanan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.800.000 dan piagam. Juara Tiga I Putu Dandy Fransisco Darmayana dari SMK BIWI Tabanan menerima uang pembinaan sebesar Rp.600.000 dan piagam.

Panitia juga menentukan Juara Harapan Satu I Kadek Purnama Saputra dari SMA Negeri I Tabanan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.500.000 dan piagam. Juara Harapan Dua I Made Krisna Protista Akasa dari SMA Negeri I Tabanan dengan uang pembinaan sebesar Rp.400.000 dan piagam. Juara Harapan Tiga Adelia Maysa Putri dari SMA Negeri I Kediri mendapatkan uang pembinaan Rp.300.000 serta piagam penghargaan.

Bagi yang belum  mendapatkan juara, panitia memberikan piagam kepada masing-masing peserta lomba.

Setelah penyerahan hadiah dan piagam penghargaan, Kasdim berpesan dan berharap kepada para peserta untuk semakin meningkatkan kemampuan dan bakat yang dimiliki karena akan menjadi masa depan yang menjanjikan dan membanggakan. (Kodim 1619/Tabanan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar