Senin, 23 September 2019

Satgas Yonif 132/BS Berhasil Gagalkan Penyelundupan 125 Liter BBM dan Sembako Ilegal


Pendam IX/Udayana
Senin, 23 September 2019

TTU - Pos Napan Bawah Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif 132/BS berhasil menggagalkan penyelundupan 125 Liter BBM (Bahan Bakar Minyak) dan Sembako, yang diduga akan diselundupkan ke Timor Leste, pada Sabtu (21/9/2019) sore.

Penggagalan penyelundupan ini berawal dari informasi masyarakat Desa Napan Bawah, bahwa di daerah tersebut terdapat jalan tikus ataupun jalan utama yang sering digunakan sebagai jalur penyelundupan ke Timor Leste guna menghindari jalur Perlintasan Resmi Pos Lintas Batas Negara (PLBN), khusunyanya di wilayah Desa Napan Bawah, Kec Bikomi Utara, Kabupaten TTU.

Setelah mendapat informasi tersebut, Komandan Pos (Danpos)Letda Inf Ranto Afrizal Saragih memerintahkan 5 anggotanya yang dipimpin oleh Serda Rangga Jauheri untuk mengecek lokasi yang sesuai dengan laporan dari masyarakat tersebut.

Sesampainya di lokasi, tim langsung melaksanakan penyisiran di lokasi yang di curigai, dan berhasil mengamankan BBM sebanyak 125 Liter, terdiri dari minyak bensin 80 liter, minyak tanah 45 liter dan sembako campuran, berupa 4 karung sayur-sayuran yang dibawa oleh 3 (tiga) orang WNI yang tidak dikenal diduga akan di selundupkan ke Timor Leste.

Setelah dilakukan penyisiran di TKP, orang yang mempunyai barang ilegal tersebut telah melarikan diri saat melihat Patroli Pos Napan Bawah terlihat dari kejauhan kurang lebih sekitar 500 meter dari lokasi.

Di lain tempat, Dansatgas Yonif 132/BS Mayor Inf Wisyudha Utama, mengungkapkan penyelundupan BBM dan Sembako berhasil digagalkan oleh Pos Napan Bawah Kipur 1 yang mendapat Informasi dari masyarakat.

"Keberhasilan penggagalan ini tidak lepas dari peran masyarakat yang ada di perbatasan berkat kedekatan Masyarakat dan anggota TNI dari Satgas Pamtas Yonif 132/BS, ini tentunya tidak lepas dari kepercayaan masyarakat perbatasan kepada Satgas Pamtas Yonif 132/BS," tegasnya.

Dansatgas juga berpesan agar Satgas Pamtas Yonif 132/BS, dapat mengemban dan melaksanakan tugas dengan baik dan berhasil selama melaksanakan tugas di perbatasan Indonesia dan Timor Leste ini. (Pen Satgas Yonif 132/BS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar