Selasa, 24 September 2019

Tutup Persami HUT Saka Wirakartika Koramil Lembor, Ini Yang Disampaikan Dandim Manggarai


Pendam IX/Udayana
Selasa, 24 September 2019

Manggarai - Setelah berlangsung selama 3 hari, kegiatan Perkemahan dalam rangka HUT Saka Wira Kartika Jenderal Sudirman ke-I Koramil 1612-06/Lembor, Kodim 1612/Manggarai akhirnya secara resmi ditutup pada Senin (24/9/2019).

Dandim 1612/Manggarai Letkol Inf Rudy M. Simangunsong, S.Sos.. bertindak sebagai Pembina Upacara dalam kegiatan Upacara Penutupan yang dilaksanakan di Lapangan Kaka Botek, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat.

Sebelum pelaksanaan upacara, dilokasi kegiatan Dandim 1612/Manggarai diterima secara adat Manggarai yang biasa disebut "manuk kepok".

Dalam amanatnya, Dandim 1612/Manggarai menyampaikan ucapan terima kasih kepada para Pengurus serta para Pembina Pramuka yang telah melatih dan membina adik-adik pramuka dengan baik.

"Saya mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada para pengurus serta pembina Pramuka yang telah melatih serta membina adik-adik pramuka sehingga melalui kegiatan selama 3 hari ini dapat terlaksana dengan lancar dan aman serta sukses," ungkapnya.

Melalui kegiatan Saka Wirakartika yang sudah para peserta ikuti ini, Dandim berharap para peserta akan mampu mempertahankan dan meningkatkan nilai-nilai luhur Pancasila, melalui gerakan Pramuka yang siap sedia membangun keutuhan NKRI, dimana anggota Pramuka harus menepati janjinya, yaitu Trisatya dan Dasadharma Pramuka.

“Dengan Trisatya dan Dasadharma tersebut, setiap anggota Pramuka siap menjaga keutuhan NKRI melalui implementasi kehidupannya sehari-hari," ucapnya.

Usai menutup kegiatan perkemahan HUT Saka Wirakartika ini, seperti biasanya, Dandim 1612/Manggarai kembali memberikan motivasi dan inspirasi kepada adik-adik pramuka dan para Pembina.

"Mudah-Mudahan kalian bisa unggul di segala bidang baik ilmu pengetahuan, prestasi serta hal-hainnya karena kalian yang nantinya sebagai penerima estafet kepemimpinan bangsa dan negara, agar negara kita menjadi negara yang lebih maju sesuai dengan tema HUT Saka Wirakartika ini, karena cita-cita negara adalah SDM unggul Negara akan maju," harap Dandim.

Dandim menambahkan beberapa hal penting selain pentingnya SDM yang unggul, yakni masalah distrosi, distrosi sendiri adalah suatu kondisi terjadinya kekacauan dan penyimpangan yang dapat mengakibatkan terganggunya proses pencapaian sebuah tujuan.

"Ini yang kita angkat kepermukaan sekarang, mengingat bahwa benih-benih distorsi kehidupan berbangsa dan bernegara sudah mulai terasa," terangnya.

Oleh karena itu, Pramuka sebagai sebuah organisasi kepanduan yang cukup besar di Indonesia dan merasuk sampai ke pelosok desa, sangat diharapakn menjadi garda terdepan bersama elemen lain untuk melakukan hal-hal yang secara riil dalam kehidupan sehari-hari mempertahankan keutuhan NKRI.

Dandim menyampaikan, sebagai sebuah organisasi yang melibatkan banyak pemuda, tentunya tantangan terbesar saat ini adalah  pergaulan bebas, penyalahgunaan obat terlarang, dan membanjirnya budaya asing.

"Maka, gerakan Pramuka diharapkan untuk lebih secara detail dan sungguh-sungguh untuk mengenal NKRI dengan segala budaya, termasuk budaya lokalnya. Dengan demikian, adik-adik Pramuka nanti akan dapat menghayati apa sebetulnya Gerakan Pramuka dalam bingkai NKRI," ujarnya.

Dandim melanjutkan, Gerakan Kepanduan tidak ada yang seperti Pramuka, yang hingga menyentuh sampai pendidikan tingkat dasar. Dengan demikian, sangat tepat apabila anak-anak menjadi angota Pramuka.

"Saya kira di seluruh sekolah sudah ada Gerakan Pramuka, tinggal bagaimana menggerakkan dalam sebuah manajemen yang lebih baik, sehingga Gerakan Pramuka ini betul-betul nanti menjadi sebuah organisasi yang bisa membentengi generasi muda dari hal-hal yang negatif," terang Dandim.

Diakhir penyampaiannya, Dandim kembali secara pribadi dan Satuan menyampaikan ucapan selamat HUT Saka Wira Kartika yang ke-I Koramil 1612-06/Lembor.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut antara lain Pabung 1612/Manggarai Mayor Czi Sunoko, Camat Lembor, Camat Lembor Selatan, Camat Welak, Danramil 1612-06/Lembor, Kapolsek Lembor, para kepala sekolah peserta Persami Saka Wira Kartika,  tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda. (Kodim 1612/Manggarai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar