Kamis, 26 Desember 2019

Patgab TNI-Polri dan KPH Batu Lante Amankan Lima Kubik Kayu Jati di Kawasan Hutan Semamung


Pendam IX/Udayana
Kamis, 26 Desember 2019

Sumbawa - Upaya penyelamatan hutan dari para perambah hutan terus dilakukan baik dengan patroli maupun pengawasan. Hari ini, Kodim 1607/Sumbawa bersama anoogota Polsek Moyo Hulu dan KPH Batu Lante melakukan patroli gabungan di kawasan Hutan Lindung Desa Semamung Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa dan menemukan ratusan batang kayu jati dalam bentuk gelondongan dengan panjang 2 meter.

Menyikapi hal tersebut, Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letnan Kolonel Inf Samsul Huda, SE. M.Sc., memberikan apresiasi kepada tim patroli gabungan yang terus eksis mengamankan hutan dari para pelaku ileggal loging.

Berdasarkan laporan, kata Dandim, kayu jati yang masih dalam bentuk gelondongan masih berserakan di sekitar lokasi dan diamankan petugas gabungan.

"Jadi kayu ini ditemukan masih berserakan dan belum sempat diambil oleh pelaku ilegal loging setelah ditebang, jumlahnya sekitar 120 batang atau diperkirakan sekitar lima kubik " terangnya.

Dalam patroli tersebut, personel gabungan tidak menemukan oknum pelaku penebangan hutan secara liar dan barang bukti lima kubik kayu jati sudah diamankan di Kantor KPH Batu Lante Kecamatan Moyo Hulu.

Selain, mantan Danyonif RK 744/SYB tersebut juga mengajak dan mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama untuk menyelamatkan dan menjaga hutan agar tidak gundul dengan mempersempit gerakan para oknum pelaku ilegal loging.

"Bagi masyarakat yang berada di sekitar kawasan hutan, apabila menemukan atau mencurigai ada oknum yang akan melakukan pembalakan liar agar segera melaporkan kepada Babinsa, Koramil atau Babinkamtibmas atau KPH terdekat sehingga bisa dilakukan pencegahan secara cepat dan tepat demi keselamatan hutan dan lingkungan," tandas pria kelahiran Jawa Timur tersebut. (Kodim 1607/Sumbawa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar