Selasa, 21 Januari 2020

Berbaur dan Memberikan Motivasi, Babinsa Koramil Taliwang Bantu Petani Menanam Padi


Pendam IX/Udayana
Selasa, 21 Januari 2020

Sumbawa Barat - Babinsa 1628-01/Taliwang Sertu Zulkifli membantu petani menanam padi di Kelurahan Menala, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Senin (20/1/2020). 

Aksi tanam padi oleh Babinsa merupakan salah satu bentuk  keseriusan TNI dalam mendukung program pemerintah daerah, mendorong  petani yang terus berinovatif serta memotivasi warga masyarakat serta menarik minat generasi muda untuk melihat peluang yang cukup menjanjikan disektor pertanian, manakala di kelolah dengan baik.

"Hal ini salah satu alasan TNI dalam hal ini Babinsa untuk selalu hadir dalam mendukung Program Pertanian, selain tujuan utama dalam rangka meningkatkan hasil pertanian, guna membantu mewujudkan program Pemerintah dalam ketahanan pangan serta swasembada pangan," kata Dandim 1628/Sumbawa Barat, Letkol CZI Eddy Oswaronto, ST.

Meskipun aksi tanam padi  Babinsa dan para petani itu masih menggunakan peralatan tradisional,dan  Alsintan seadanya, namun mereka tetap semangat, Karena dilakukan dengan bersama  - sama,  salah satu wujud budaya kearifan lokal yang harus tetap kita lestarikan yakni gotong royong dan kebersamaan dimana belakang ini mulai terkikis akibat pengaruh perkembangan arus globalisasi.

Selain lanjut Dandim, juga sebagai sarana sosialisasi serta musyawarah antara sesama petani serta kelompok tani guna bersama sama mencari solusi dalam meningkatkan hasil panen.

"Harapan kita bersama kegiatan seperti ini semoga tetap harus dapat kita pertahankan, dalam  bidang apa saja agar hubungan emosional baik antara  sesama warga masyarakat, maupun masyarakat dengan prajurit dapat terus terjalin bahkan lebih ditingkatkan, hal ini bentuk implementasi  kemanunggalan  TNI dengan Rakyat," ujarnya.

Salah seorang penyuluh pertanian Dinas Pertanian dan Peternakan Sumbawa Barat, Budillah, menilai kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa membantu petani menanam padi, adalah hal unik dan jarang dilakukan. Babinsa terjun langsung berbaur dengan para petani dapat memberikan motivasi tersendiri serta rasa aman dan nyaman.

"Pastinya kami merasa bangga dengan anggota TNI dalam hal ini Babinsa, karena selalu hadir mengawal dan mendampingi  para petani  apalagi saat ini ada masalah kekurangan pupuk, kekurangan air dan masalah lainnya. Jika  Prajurit TNI turun maka petani yakin akan dapat memberi jalan keluar dari permasalahan mereka," katanya.

Budillah juga berharap agar para petani dapat mengambil pelajaran dari apa yang dilakukan oleh Babinsa, dan lebih bersemangat serta berinovasi sehingga hasil panen lebih meningkat dari tahun ke tahun. (Kodim 1628/Sumbawa Barat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar