Jumat, 14 Februari 2020

Bangun Irigasi di Maumutin, Satgas Yonif R 142/KJ Bersama Masyarakat Sukseskan Ketahanan Pangan


Pendam IX/Udayana
Jumat, 14 Februari 2020

Belu - Dalam rangka mensukseskan ketahanan pangan, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ bersama masyarakat Desa Maumutin, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu, melakukan pembuatan saluran irigasi baru menuju lahan-lahan pertanian milik warga, pada Kamis (13/2/2020).

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos., M.M., mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan saat curah hujan yang tergolong masih minim khususnya di wilayah Desa Maumutin, sementara lahan pertanian milik warga membutuhkan air setiap harinya dan hal ini tidak didukung dengan ketersediaan air yang ada, sehingga Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ berinisiatif bersama warga Desa Maumutin membuat saluran irigasi baru yang bermuara pada aliran sungai malibaka untuk memenuhi kebutuhan air untuk lahan pertanian masyarakat di Desa Maumutin.

"Kegiatan pembuatan saluran irigasi baru tersebut dilaksanakan oleh personel kami yang berada Pos Turiscain, dipimpin langsung oleh Serda Havid selaku Wadanpos Turiscain bersama 6 orang personel lainnya serta 28 orang warga yang berprofesi sebagai petani dari Desa Maumutin," ujarnya.

Dengan adanya saluran irigasi baru ini, pihaknya berharap kepada warga agar dapat secara bersama-sama menjaga serta merawat saluran irigasi tersebut sehingga fungsi utama dari irigasi dapat tercapai guna menyukseskan ketahanan pangan di Desa Maumutin.

"Saya selalu menyampaikan agar kehadiran personel kami di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan manfaat dan pengaruh positif dalam rangka mendukung setiap program Pemerintah dan mengatasi kesulitan warga di sekeliling mereka," imbuh Letkol Inf Ikhsanudin.

Terselenggaranya kegiatan ini menggambarkan bahwa kemanunggalan TNI bersama masyarakat perbatasan terjalin dengan sangat baik, sehingga TNI dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan sosial yang ada di wilayah perbatasan.

Sementara itu, Bapak Arka Dous (45) selaku Ketua RT (Rukun Tetangga) Dusun Turiscain Desa Maumutin menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ khususnya Pos Turiscain atas kegiatan pembuatan saluran irigasi baru yang berada di desa mereka.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang selalu membantu kesulitan kami di sini, mereka telah rela menyisihkan waktu dan tenaga untuk membantu warga dalam setiap kegiatan," ungkap Bapak Arka Dous. (Satgas Yonif R 142/KJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar