Rabu, 12 Februari 2020

Bekali Kedisiplinan, Satgas Yonif R 142/KJ Latihkan PBB Kepada SMPN Satu Atap Kewar


Pendam IX/Udayana
Rabu, 12 Februari 2020

Belu - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ memberikan pelatihan tentang peraturan baris-berbaris (PBB) kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap Kewar yang berada di Desa Kewar, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu.

"Kegiatan pembekalan pelatihan baris-berbaris tersebut dipimpin langsung oleh Serda Artison selaku Wadanpos Kewar bersama 5 orang personel Pos Kewar lainnya," ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos., M.M., selaku Dansatgas.

"Materi pelatihan dalam baris berbaris yang mereka berikan berupa sikap sempurna, jalan ditempat, sikap istirahat hingga cara penghormatan," imbuhnya.

Tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan tentang baris-berbaris, tetapi mereka juga memberikan ilmu pengetahuan tentang tata urut pelaksanaan upacara antara lain urut-urutan upacara, susunan petugas upacara hingga tugas masing-masing petugas upacara.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dalam membantu pihak sekolah guna meningkatkan disiplin pelajar, keberanian, meningkatkan karakter Kebangsaan, jiwa Nasonalisme serta menumbuhkan jiwa loyalitas terhadap sesama pelajar dan guru," tegas Dansatgas.

Kegiatan ini juga mengandung nilai-nilai kepemimpin, mengasah keberanian pelajar untuk tampil, serta akan menumbuhkan kerja sama diantara siswa-siswi.

"Saya selalu berpesan kepada setiap personel kami yang tersebar di sepanjang garis perbatasan sektor timur Indonesia - Timor Leste, agar kehadiran mereka di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan manfaat serta pengaruh positif kepada warga di sekelilingnya," imbuh Dansatgas.

Terpisah, Bapak Tino Kardoso, S.Pd (35) selaku Wakil Kepala Sekolah SPMN Satu Atap Kewar menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh personel Pos Kewar.

"Saya mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan yang telah diberikan berupa pemberian ilmu pengetahuan tentang peraturan baris-berbaris dan tata cara pelaksanaan upacara bendera di sekolah ini, kami juga merasa bangga karena bapak TNI selalu membantu kesulitan warga masyarakat di sini," ungkap Bapak Tino Kardoso, S.Pd.

"Semoga seluruh bapak TNI yang sedang melaksanakan tugas menjaga wilayah perbatasan selalu diberikan kesehatan dan keselamatan oleh Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dapat membantu kesulitan warga di tapal batas dan kembali dengan selamat sehingga dapat berkumpul dengan keluarga kembali," tambahnya. (Satgas Yonif R 142/KJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar