Senin, 21 Maret 2016

Korem 162/WB Gelar Latihan Kesiapsiagaan Bencana


Pendam IX/Udayana
21 Maret 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Wakil Gubernur Prov. NTB membuka latihan penganggulangan bencana alam yang digelar Korem 162/WB dan melibatkan 770 personel dari TNI dan instansi terkait lainnya, Sabtu (19/3) di Lapangan Malomba, NTB.

Pembukaan latihan yang melibatkan 770 personel tersebut terdiri dari 515 personel TNI dan 255 personel dari instansi terkait lainnya. Dimana dalam kegiatan tersebut Danrem 162/WB Kolonel Czi  Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si., bertindak selaku Incident Command (IC).

Kegiatan latihan yang dilaksanakan di daerah Sembalun tersebut diharapkan dapat berjalan dengan aman dan lancar. Wilayah Sembalun dipilih mengingat wilayah tersebut berada di bawah kaki Gunung Rinjani, karena di wilayah tersebut sering terjadi bencana alam. Sesuai konsep latihan yang dilaksanakan  dengan bertemakan “Koops TNI Wilayah Kodam IX/Udayana membantu Pemda Prov. NTB Melaksanakan Penanggulangan Akibat Bencana Alam Gunung Api Meletus Dalam Rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP)”.

Kegiatan latihan ini diharapkan dapat melatih kesiapan para anggota jajaran Korem 162/WB dan instansi terkait lainnya dalam menghadapi terjadinya bencana alam dan dapat memberikan pertolongan kepada masyarakat, khususnya saat terjadinya bencana alam, apalagi  kondisi geografis wilayah NTB khususnya Lombok yang dikelilingi lautan, perbukitan dan memiliki gunung berapi yang masih aktif seperti Gunung Barujari ini tidak menutup kemungkinan bencana alam bisa saja terjadi di wilayah NTB, untuk itu kegiatan latihan ini sangat penting untuk dilaksanakan.

Hadir dalam kegiatan pembukaan latihan tersebut Dan Kodiklat TNI, Danpuslat Kodiklat TNI, Dirlat Kodiklat TNI beserta Tim, Kapolda NTB, FKPD Prov. NTB, Kepala Basarnas Prov.NTB, Kepala BNPB Prov. NTB, Danlanal Mataram,  Danlanud Rembiga,  Dandim 1606/Lobar, Dan/Ka/Pa Satdisjan Korem 162/WB, serta Para Kasi Korem 162/WB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar