Selasa, 14 Juni 2016

Latihan Posko I Asah Kemampuan Unsur Komandan Dan Staf


Pendam IX/Udayana
14 Juni 2016
Editor Kapten InfI Nyoman Budiarta

Danrem 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M., membuka pelaksanaan  Latihan Posko I Kodim 1604/Kupang “Wira Sakti Tanggap III” yang akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 14-16 Juni 2016, Selasa (14/6) bertempat di Makodim 1604/Kupang.

Dalam amanat sekaligus arahan kepada pelaku, pengendali,  penyelenggara dan seluruh unsur yang terlibat dalam latihan ini, Danrem 161/Wira Sakti memberikan gambaran bahwa pelaksanaan latihan disesuaikan dengan macam, metode dan sifat latihan yang dilaksanakan.  Latihan dilaksanakan dari tingkat perorangan, kelompok sampai pada tingkat satuan secara bertingkat, bertahap dan berlanjut.

Untuk itu semua yang terlibat dalam latihan harus memahami macam, metode maupun sifat latihan yang dilaksanakan. Seperti  saat ini Kodim 1604/Kupang mendapatkan giliran melaksanakan  Latihan Posko I yang  bertujuan untuk menguji dan melatih  peningkatan kemampuan serta keterampilan unsur Komandan dan Staf dalam melaksanakan prosedur hubungan Komandan dan Staf. 
Sejumlah persoalan akan diberikan kepada pelaku dalam hal ini unsur Komandan dan Staf sehingga nantinya, para unsur Komandan dan Staf akan mencari solusi atau jawaban untuk pemecahan persoalan tersebut.

Dengan Latihan Posko I ini, diharapkan Kodim 1604/Kupang senantiasa memiliki kesiapsiagaan baik personel maupun materiil untuk mampu bersinergi dengan instansi atau komponen masyarakat lainnya, dalam melaksanakan prosedur hubungan Komandan dan Staf maupun pengendalian operasi guna merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi bantuan kepada pemerintah daerah  maupun masyarakat di wilayah dalam penanggulangan akibat  bencana alam, khususnya Gempa Bumi dan Tsunami sesuai materi yang dilatihkan saat ini, dimana bantuan yang disiapkan dapat berupa bantuan pengungsian, pemberian bantuan kemanusiaan (civic mission) dan pencarian serta pertolongan korban (search and rescue).
 
Menurut Danrem pelaksanaan Latihan Posko I Kodim  1604/Kupang ”Wira Sakti Tanggap III”, kali ini memiliki arti yang penting bagi kita sekalian. Untuk itu, Danrem meminta kepada para pelaku, pengendali, penyelenggara  dan unsur lain yang terlibat dalam latihan ini, agar sungguh-sungguh melaksanakan seluruh materi dan tahapan latihan, guna dapat mencapai hasil yang optimal, sesuai dengan tujuan dan  sasaran yang telah ditetapkan.

Pengalaman atau kemampuan yang telah diperoleh dari Latihan Posko I kali ini, nantinya, agar benar-benar dapat dipahami dan mampu diterapkan dalam menghadapi situasi yang sebenarnya.

Pada kegiatan pembukaan Latihan Posko I Kodim 1604/Kupang dihadiri juga oleh  Kasiops Kolonel Infanteri I Kadek Subawa, S.sos., Kasi Intel Letkol  Infanteri Yudi Pranoto, Dandim 1621/TTU Letkol Infanteri Erwin, Dandim 1627/Rote Ndao Letkol Infanteri Budi Yuono, Kapolres Kupang Kota AKBP Johannes Bangun, S.IK., S.sos., Kasat Pol PP Kota Kupang Thomas Dagang dan Para Dan/Kabalak Aju Korem 161/Wira Sakti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar