Senin, 25 Juli 2016

Tanam Padi Serentak Kodim 1616/Gianyar


Pendam IX/Udayana
25 Juli 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Pasca pelaksanaan TMMD diwilayah Gianyar , Kodim 1616/Gianyar kembali meningkatkan upaya kegiatan  swasembada pangan di Kabupaten Gianyar di Payangan (23/7) berupa penanaman padi secara serentak yang dilakukan di areal persawahan Subak Tegal Ampit Br.Melinggih Ds.Melinggih Kec.Payangan seluas 70 Are.

Kegiatan penanaman padi serentak dilakukan oleh anggota Kodim 1616/Gianyar bersama anggota Distan Gianyar yang langsung dipimpin oleh Kadistan Gianyar Ir.Made Raka, M.Si juga melibatkan unsur dari Muspika Payangan.Kegiatan penanaman secara serentak diprioritaskan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan swasembada pangan menuju ketahanan pangan di wilayah dengan menggunakan sistim padi Ciherang sistim tanam Jajar Legowo.

Kasdim 1616/Gianyar Mayor Inf I Wayan Suwitantra, S.IP yang mewakili Dandim 1616/Gianyar menyatakan bahwa Kodim 1616/Gianyar selama ini terus menurunkan Babinsa dari seluruh Koramil jajaran untuk bersama PPL dan warga Subak dalam upaya pendampingan maupun perbantuan untuk bersama mengatasi kesulitan baik pendataan kerusakan , perbaikan dan pengoptimalan sarana irigasi serta penerapan pola tanam ’‘ Jajar Legowo ” sebagai upaya sinergi dan saling dukung antara Dinas Pertanian dengan Kodim dalam mewujudkan swasembada pangan dengan memaksimalkan peran sumber daya yang dimiliki kedua institusi ini dapat digunakan secara optimal. Namun demikian, leading sector kegiatan ini tetap berada di Dinas Pertanian. TNI, dalam hal ini Kodim 1616/Gianyar hanya mendorong dan memberikan yang terbaik kepada masyarakat bersama PPL. TNI mempunyai kepentingan dalam terwujudnya swasembada pangan, karena keberhasilandalam mewujudkan swasembada panganakan dapat mendukung tercapainya ketahanan pangan menuju ketahanan nasional.

Kedepan kegiatan ini masih akan dilakukan sebagai bentuk aplikasi dilapangan sehingga menjadi tolak ukur keberhasilan sinergitas antara kedua insitusi dengan melibatkan petani dalam menyukseskan program swasembada pangan di Kab.Gianyar. (Kodim 1616/gianyar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar