Rabu, 17 Agustus 2016

KASAD Tekankan “Bekerja Keras dan Bekerja nyata Demi Kepentingan Masyarakat, Bangsa Dan Negara”

Pendam IX/Udayana
17 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Stephanus Trimulyono sebagai irup pada Upacara Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71 Rabu (17/8) di Lapangan Prajaraksaka Kepaon.

Kasdam IX/Udayana sebagai irup pada kesempatan tersebut membacakan amanat tertulisnya Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, Kasad menyampaikan bahwa melalui peringatan kemerdekaan Negara kita yang ke-71, marilah hendaknya kita mengenang jasa para pahlawan dan pendahulu kita, yang telah mengorbankan jiwa dan raga, berjuang merebut, menegakkan serta mempertahankan Negara Kesatuan Republik lndonesia. Kasad berharap semoga momentum ini dapat meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kita kepada Tanah Air tercinta. Walaupun secara formal kita telah menjadi Negara yang berdaulat penuh sejak kemerdekaan diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, namun secara nyata, kita belum sepenuhnya merasakan kedaulatan itu diberbagai bidang. Kita juga belum mampu ,menjadi Bangsa yang mandiri, 4 karena masih banyak kebutuhan dasar masyarakat yang pemenuhannya harus bergantung pada impor dari Negara lain, yang pada akhirnya berpengaruh pada semakin memudarnya kepribadian kita sebagai Bangsa. Secara ideologis, berbagai upaya kemunculan kembali paham komunis serta radikalisme berbasiskan agarna yang terjadi diberbagai wilayah tanah air, menunjukkan bahwa Pancasila belum seutuhnya diterima sebagai satu-satunya idelogi bangsa. Benihbenih separatisme juga belum sepenuhnya tercabut akarnya dari bumi pertiwi dan masih berpotensi mengancam kedaulatan NKRI. Narkoba masih menjadi salah satu ancaman terbesar bagi kelangsungan hidup Bangsa, ditambah dengan ancaman terorisme serta radikalisme yang sewaktu-waktu dapat muncul.

Lebih lanjut Kasad menyampaikan bahwa Semua persoalan itu merupakan persoalan Bangsa yang tidak hanya cukup dipikir dan diperdebatkan, melainkan membutuhkan kerja keras dan kerja yang nyata untuk mengatasinya. Tanpa kerja keras dan kerja nyata yang dilandasi oleh kekuatan komitmen untuk membangun dan menjaga kedaulatan Negara tema yang telah ditetapkan oleh pemerintah pada momentum peringatan ke-71 Hari Kemerdekaan Rl, yaitu INDONESIA KERJA NYATA. Kasad juga mengajak segenap prajurit dan PNS Angkatan Darat untuk menjaga momentum tersebut, memegang komitmen untuk senantiasa bekerja keras dan bekerja nyata demi kepentingan masyarakat, Bangsa dan Negara. Tingkatkan sinergitas dengan komponen Bangsa lainnya yang dilandasi oleh tekad saling menghormati dan menghargai sesama aparat keamanan.

Diakhir amanat tertulisnya Kasad memberikan penekanan untuk dijadikan pedoman bagi setiap prajurit dan PNS TNIAD dalam mewujudkan tekad pengabdian kita kepada Bangsa dan Negara.

Pertama, Pelihara dan tingkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai wujud nyata dari Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, sekaligus sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas. 

Kedua, Lestarikan nilai-nilai luhur perjuangan Bangsa yang diwariskan oleh para pahlawan pendahulu kita dengan senantiasa bekerja keras dan bekerja nyata demi kepentingan masyarakat, Bangsa dan Negara.

Ketiga, Tingkatkan terus kualitas profesionalisme keprajuritan dengan senantiasa belajar, berlatih dan bekerja keras agar mampu menjawab tuntutan tugas ke depan yang semakin dinamis dan kompleks serta mampu mengawaki Alutsista modern yang kita miliki.

Keempat, Amalkan secara nyata nilainilai setiap butir Delapan Wajib TNI di tengah kehidupan masyarakat. Jadilah prajurit dan PNS yang santun, ramah, rendah hati dan bermartabat. Hindari sikap arogan yang hanya mau menang sendiri. 

Kelima, Minimalisir berbagai potensi konflik yang terjadi antara prajurit TNI AD dengan Polri dan masyarakat, agar capaian kinerja positif yang telah ditunjukkan selama . ini tidak tercoreng. Serta jangan terpengaruh dengan isu politik yang berpotensi membiaskan komitmen pengabdian TNI AD kepada Negara dan Bangsa.

Upacara Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71 yang digelar Kodam IX/Udayana berjalan dengan tertib hikmat dan lancar, Hadir pada kegiatan tersebut Para asisten Kasdam IX/Udayana, Para Kabalak Kodam IX/Udayana serta seluruh Prajurit PNS Kodam IX/Udayana Se Garnizun Denpasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar