Rabu, 03 Agustus 2016

Tingkatkan Jiwa Nasionalisme Generasi muda


Pendam IX/Udayana
3 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Dalam rangka  meningkatkan semangat dan jiwa nasionalisme generasi muda bangsa di wilayah Kodim 1624/Flotim, khususnya di kalangan siswa/pelajar mulai dari tingkat SD, SMP, SMA sederat, Senin 01 Agustus 2016 sampai tanggal 31 Agustus 2016, selama satu bulan, Kodim 1624/Flotim beserta jajaran mendukung Serbuan Teritorial NTT Merah Putih.

Demikian disampaikan Dandim 1624/Flotim Letkol Infanteri Dadi Rusyadi, S.E., usai  Upacara Pencanangan NTT Merah Putih Tingkat Kodim 1624/Flotim dalam kegiatan upacara bendera, Senin (01/08/2016), di Lapangan Upacara  SMAK Frateran Podore, Kelurahan Lewolere, Kecamatan Larantuka.

Pada saat yang sama juga secara serentak, di setiap Koramil Jajaran Kodim 1624/Flotim diselenggarakan kegiatan Serbuan Teritorial NTT Merah Putih di Sekolah- Sekolah. Tentunya dalam pelaksanaan kegiatan ini telah dikoordinasikan dengan pihak sekolah, sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar siswa. Di setiap Koramil, dalam satu minggunya minimal akan melaksanakan satu kali pertemuan 2 (dua) jam pelajaran dalam setiap pertemuannya, jelas Dandim 1624/Flotim. Kegiatan Serbuan Teritorial NTT Merah Putih ini berupa Upacara Bendera,  ceramah/pembekalan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Peraturan Baris Berbaris dan menyanyikan lagu-lagu perjuangan.

Lebih lanjut, bahwa tujuan kegiatan ini adalah membina dan membentuk generasi muda Bangsa Indonesia yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan memiliki semangat serta Kesadaran Bela Negara. Hal ini sesuai dengan Tema yang telah di tetapkan oleh Komando Atas  "Melalui Kegiatan Serbuan Teritorial Bali Nusa Tenggara Merah Putih Tahun 2016, Kita Tingkatkan Peran Generasi Muda Yang Berkarakter, Berwawasan Kebangsaan, Cinta Tanah Air Dan Memiliki Semangat Nasionalisme Guna Memperkokoh Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Dalam Bingkai NKRI"

750 siswa SMAK Frateran Podore  ikut dalam kegiatan ini, yang di mulai dari Upacara Bendera, kemudian dilanjutkan dengan ceramah/pembekalan  wawasan kebangsaan, bela negara oleh Dandim 1624/Flotim. Para siswa tampak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, hal ini terlihat dari tertib, lancar dan khidmatnya selama pelaksanaan upacara bendera. Serta banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh siswa peserta ceramah/pembekalan kepada Dandim 1624/Flotim sebagai Nara Sumber nya. Salah satu siswa, Reonaldo Wimaxco Weking, Kelas X Bahasa, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami generasi muda, sehingga semangat dan jiwa nasionalisme kami generasi muda, akan tetap terpelihara dan akan  selalu ditingkatkan. Semoga di lain kesempatan, Pak Kodim akan kembali ke sekolah kami, harap Reonaldo Turut bergabung dalam kegiatan tersebut Kepala Sekolah SMAK Frateran Podore, Kasdim 1624/Flotim, Para guru SMAK Frateran Podore, serta anggota Makodim 1624/Flotim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar