Rabu, 21 September 2016

Dua Kodim Di Wilayah Korem 161/Wira Sakti Laksanakan TMMD Ke 97


Pendam IX/Udayana
21 September 2016
Editor Kapten inf I Nyoman Budiarta

Upacara Pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 97 Tahun Anggaran 2016 di wilayah Korem 161/Wira Sakti dibuka serentak di dua Kodim Jajaran yaitu Kodim 1605/Belu dan Kodim 1625/Ngada, Selasa (20/09/2016).

Untuk wilayah Kodim 1605/Belu upacara pembukaan dilaksanakan di lapangan SMP Katholik  St. Isodorus,  Desa Besikama Kecamatan.Malaka Barat Kabupaten Malaka. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Kabupaten Malaka DR. Stefanus Bria Seran, yang juga dihadiri oleh beberapa pejabat sipil maupun militer antara lain Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Gregorius Suharso, unsur Forkopimda Kabupaten Malaka, Dandim 1605/Belu Letkol Inf Moch. Nanang Nazmudin, Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 321/Galuh Taruna Kostrad Letkol Inf M. Goffar Ngismangil, serta tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda setempat.

Sementara itu untuk di wilayah Kodim 1625/Ngada, upacara pembukaan dilaksanakan di Lapangan SD Katholik Munde, Kampung Munde, Desa Tedakisa, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo dan bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Nagekeo Drs. Elias Djo. Pembukaan TMMD ke 97 di wilayah Kodim 1625/Ngada ini dihadiri oleh Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M., Kasiter Korem 161/Wira Sakti Letkol Inf Afson Riswandi Sirait, S.E., serta unsur Forkopimda Kabupaten Ngada dan Nagekeo.

Kedua Inspektur Upacara pada kegiatan pembukaan TMMD ke 97 Tahun Anggaran 2016 ini, membacakan amanat dari Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A., yang antara lain mengatakan, Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan salah satu solusi bagi pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan percepatan pembangunan daerah yang dikategorikan sebagai daerah tertinggal. TMMD yang dilaksanakan secara serentak di wilayah Bali dan Nusa Tenggara ini juga dimaksudkan untuk membantu pemerintah daerah  melalui kegiatan yang bersifat fisik dan non fisik.

Terkait sasaran yang ingin dicapai dari pelaksanaan TMMD ke 97 ini antara lain, menumbuh kembangkan kesamaan visi dan misi antara aparatur pemerintah di daerah dan tokoh masyarakat secara terpadu. Kemudian semakin meningkatnya kesejahteraan dan kehidupan sosial masyarakat, semakin meningkatnya kesadaran masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara melalui penanaman wawasan kebangsaan serta mampu menumbuhkan semangat kebersamaan, gotong royong dan rasa kekeluargaan.

Upacara pembukaan TMMD di Kabupaten Malaka semakin menarik dan mendapatkan perhatian warga yang hadir dengan dimeriahkan penampilan  Drum Band Siswa/Siswi SMA Negeri 1 Besikama dan demontrasi Beladiri Doble Stick oleh Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 321/Galuh Taruna Kostrad serta Senam Dasar Tarung Drajat yang diperagakan oleh Personel Polres Belu. Kegiatan lainnya yang menyentuh kebutuhan warga setempat yaitu adanya pengobatan massal dan pembagian Sembako secara gratis hasil kerjasama antara Denkesyah 09.04.01 Wira Sakti Kupang dengan Kementerian Kesehatan RI yang disambut  antusias warga masyarakat serta mendapatkan peninjauan dari seluruh tamu undangan.

Sebagaimana diketahui pelaksanaan TMMD Ke 97 Tahun Anggaran 2016 di akan dilaksanakan selama 30 hari terhitung mulai tanggal 20 September 2016 sampai dengan  19 Oktober 2016, mendatang. (Penrem 161)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar