Sabtu, 17 September 2016

Pasar Pelelangan Ikan (PPI ) Oeba Diserbu Prajurit TNI


Pendam IX/Udayana
17 September 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kegiatan Karya Bhakti yang dilaksanakan ini adalah untuk memerangi kondisi lingkungan yang tidak nyaman dan memperihatinkan dari segi kebersihannya. Demikian yang dilakukan oleh personel TNI dari tiga matra yakni Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat,  Laut dan Udara di wilayah Garnisun Kupang saat menggelar karya bhakti rangka menyambut Hari Ulang Tahun  (HUT) TNI ke 71 tahun 2016, yang dipusatkan di Pasar Pelelangan Ikan Oeba, Kota Kupang, dalam,Rabu (14/09/2016).

Pasar Oeba merupakan tempat pendaratan ikan atau tempat pelelangan ikan yang menjadi simbol pertemuan antara pembeli dan pedagang ikan yang harus diperhatikan kebersihan lingkungannya. Untuk itu sekitar 600an  Personel TNI yang terdiiri dari tiga  matra yang juga didukung oleh Polri dan masyarakat setempat menggelar Karya Bhakti TNI sebagai rangkaian kegiatan untukmenyambut HUT TNI ke 71. Kegiatan karya bhakti yang dipusatkan di Pasar Oeba ini, dilakukan dengan membersihkan lokasi pendaratan kapal ikan utamanya dengan sasaran untuk  membersihkan gorong-gorong atau drainase dan juga sampah-sampah yang menumpuk di Pusat Pelelangan Ikan tersebut.

Asop Lantamal VII Kupang  Kolonel (P) Bambang Trijanto saat memimpin kegiatan karya bhakti tersebut mengatakan, lingkungan yang bersih dan sehat untuk lokasi penjualan kebutuhan bahan pokok masyarakat seperti pasar ikan ini harus selalu terjaga. Menurutnya, dipilihnya Pasar Oeba dalam kegiatan karya bhakti karena lingkungan Pasar Ikan Oeba kondisinya sangat memprihatinkan dan perlu diperhatikan. Lebih lanjut dikatakan bahwa kegiatan karya bhakti ini berjalan kompak karena sudah dikoordinasikan dengan baik termasuk kerjasama yang erat antara TNI dan masyarakat untuk peduli lingkungan sekitar. Ini sebagai wujud kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat yang harus terus terjaga yang membuat kita semua kuat untuk menghadapi berbagai permasalahan, seperti apa yang kita lakukan saat ini, untuk peduli terhadap lingkungan dimana kita beraktifitas atau bekerja.

Pantauan di lapangan menunjukkan kondisi Pasar Oeba memang banyak berserakan sampah-sampah plastik, bahkan terkesan kurang nyaman. Aroma dan genangan air yang kurang diperhatikan para pedagang, kerap mempengaruhi para konsumen. Hanya saja banyaknya pembeli datang ke pasar ini dikarenakan harga ikan lebih murah dan banyak macamnya. Untuk itu kebersihan harusnya menjadi perhatian semuanya. (Penrem 161/Wira Sakti)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar